Sabtu, 07 Agu 2021 17:00 WIB

Kisah Haru Atlet Termuda China Berjuang di Olimpiade Demi Pengobatan Ibu

Ayunda Septiani - detikHealth
Quan Hongchan of China pose for a photo after winning gold medal in womens diving 10m platform final at the Tokyo Aquatics Centre at the 2020 Summer Olympics, Thursday, Aug. 5, 2021, in Tokyo, Japan. (AP Photo/Dmitri Lovetsky) Foto: AP/Dmitri Lovetsky
Jakarta -

Gadis 14 tahun asal China, Quan Hongchan merupakan atlet termuda yang mewakili China pada Olimpiade Tokyo 2020. Ia mendapatkan medali emas dengan skor hampir sempurna dalam cabang olahraga loncat indah pada Kamis (5/8/2021) kemarin.

Dikutip dari laman The Straits Times, Quan melakukan debut internasional yang baik di Tokyo Aquatics Centre.

Quan yang baru berusia 14 tahun pada Maret, ia berhasil menyelesaikan loncatan 10 meter putri dengan skor 10 dari ketujuh juri pada ronde kedua dan keempat.

Quan pun melompat dengan postur sempurna dan gerakan tajam saat dia melompat dari papan kolam renang, disebut dalam NBC Olympics ia terlihat seperti seorang penyelam veteran di usia 14 tahun.

Di akhir penampilannya disambut sorak-sorai atlet loncat indah China lainnya dengan mengibarkan bendera negara, seperti Shi Tingmao, atlet loncat indah papan 3 meter putri, dan Xie Siyi, atlet loncat indah papan 3 meter putra.

Quan yang memiliki tinggi 143 cm, terlihat imut menerima medali emas di podium. Quan telah mencetak total 466.20, menjadi wanita termuda kedua yang meraih emas di ajang loncat indah internasional.

Disebutkan oleh NBC Olympics, juara muda Olimpiade internasional ini berusaha berprestasi dalam cabang olahraga loncat indah sebagai salah satu cara untuk membantu biaya pengobatan ibunya yang memiliki penyakit yang membutuhkan perawatan sepanjang tahun.

"Ibu saya sedang sakit. Saya tidak tahu penyakit apa yang dia derita. Saya hanya ingin mencari uang untuk berobat, karena keluarga saya membutuhkan banyak uang untuk menyembuhkan penyakitnya," ucap Quan.



Simak Video "Ragam Masker Atlet Olimpiade Tokyo 2020 dari Berbagai Negara"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/kna)