Sabtu, 07 Agu 2021 19:01 WIB

Darah Emas, Golongan Darah Terlangka yang Hanya Dimiliki 43 Orang di Dunia

Syifa Aulia - detikHealth
Diet Berdasarkan Golongan Darah, Ini Makanan yang Bisa Dikonsumsi Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Mixmike)
Jakarta -

Golongan darah yang populer terdiri dari A, B, AB, dan O dengan rhesus postif atau negatif. Ternyata, di dunia ini terdapat golongan darah langka atau biasa disebut golongan darah emas.

Golongan darah emas terjadi karena tidak memiliki antigen yang umum pada sel darah merah. Golongan darah yang paling langka di dunia itu adalah Rh-null.

Dilansir dari Big Think, Sabtu (07/08/2021), saking langkanya, golongan darah Rh-null hanya dimiliki sekitar 43 orang yang terdata. Golongan darah itu pertama kali diidentifikasi pada seorang wanita Aborigin di Australia.

Dilansir dari Australia Academy of Science, orang yang memiliki golongan darah emas sama sekali tidak memiliki antigen Rh. Kelangkaan ini membuat orang yang memilikinya sulit menerima transfusi darah.

Mereka biasanya selalu melakukan kerja sama dengan kelompok orang yang memiliki golongan darah Rh-null. Hal ini untuk memastikan golongan darah tersebut tersedia ketika dibutuhkan.

Dikutip dari laman resmi Universitas Melbourne, DNA orang yang memiliki Rh-null tidak memiliki gen yang bertanggung jawab untuk membangun kompleks protein sel darah merah.

Mereka memiliki sel darah merah abnormal, selaput bocor, dan rentang hidup yang lebih pendek. Mereka juga dapat menyebabkan anemia ringan.

Jika orang dengan golongan darah emas membutuhkan transfusi darah, mereka hanya bisa menerima tipe darah Rh-null. Jika diberikan darah O negatif, hal itu dapat memicu respon imun yang parah.



Simak Video "Ini Bahayanya Jika Hipertensi Tak Dikontrol"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)