Minggu, 08 Agu 2021 19:16 WIB

Messi Nangis saat Tinggalkan Barcelona, Ini Saran Psikolog Buat Fans

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
The statue of Barcelonas former player and coach Johan Cruyff, in front of a mural of Lionel Messi outside the Camp Nou stadium in Barcelona, Spain, Thursday, Aug. 5, 2021. Barcelona announced Thursday that Messi will not stay with the club, saying that the Spanish leagues financial regulations made it impossible to sign the Argentina star to a new contract. (AP Photo/Joan Monfort) Foto: AP/Joan Monfort
Jakarta -

Bintang sepak bola asal Argentina, Lionel Messi, tak kuasa menahan tangis saat mengucapkan selamat tinggal kepada FC Barcelona. Pasalnya, ia tidak menyangka bahwa akan berpisah dengan klub yang telah membesarkan namanya itu.

"Saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada siapapun di klub ini, dari hari pertama saya datang sampai saat ini," ujar Messi seperti dilansir dari situs Barcelona.

"Saya bersyukur, saya berterima kasih kepada semua fans yang terus mendukung saya," ucapnya.

Perpisahan antara Messi dan FC Barcelona memang telah membuat banyak orang ikut merasa sedih. Tak sedikit para penggemar yang terbawa emosi hingga merasakan kesedihan yang berlarut-larut.

Namun, ada baiknya rasa kehilangan itu diekspresikan dengan cara yang lebih sehat. Menurut psikolog klinis dari Personal Growth, Veronica Adesla, MPsi, belajar untuk ikhlas menjadi kunci utama dalam menerima perpisahan sang idola.

"Melalui ekspresi yang sehat, kita menyalurkan perasaan kita tanpa perlu berlarut di dalamnya dan mendorong kita untuk secara ikhlas menerima, menghargai keputusan sang idola serta mendukungnya," kata Vero pada detikcom, Jumat (6/8/2021).

Vero menjelaskan rasa kehilangan ini dapat diluapkan dengan cara memberikan apresiasi dan dukungan terhadap idola.

Menurut Vero, ada banyak cara yang bisa dilakukan para penggemar untuk menyampaikan pesan kepada Messi. Salah satunya adalah dengan melalui media sosial.

"Emosi perasaan haru dan sedih ini dapat diekspresikan secara sehat dan kreatif seperti membuat postingan ataupun video berisi portofolio kemenangan sang idola dari waktu ke waktu ataupun kreasi lainnya yang dapat menjadi selebrasi atau perayaan atas sepak terjangnya selama ini," saran Vero.



Simak Video "Karena Corona, Pengunjung dari China Dilarang Masuk Pameran MWC Barcelona"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/naf)