Minggu, 08 Agu 2021 20:13 WIB

Ahli Jelaskan Manfaat Olahraga bagi Performa Belajar Anak

Khoirul Anam - detikHealth
ilustrasi anak olahraga Foto: iStock
Jakarta -

Olahraga membawa banyak manfaat bagi mereka yang melakukannya, termasuk anak-anak. Sport Nutritionist dr. Rita Ramayulis, mengungkapkan olahraga bermanfaat bagi pertumbuhan fisik dan prestasi belajar anak.

Menurutnya, olahraga bukan merupakan aktivitas gerak pada umumnya. Olahraga merupakan gerakan yang dilakukan dengan teratur, terukur, dan terprogram.

"Ada gerakan yang telah diukur, dan telah terstruktur, dan benar dan baik. Itu memberikan manfaat tidak hanya sekadar dia bergerak, tidak hanya sekadar dia membuang energinya. Tapi mempunyai manfaat besar untuk men-support pertumbuhannya," terangnya dalam webinar MILO ACTIV Academy, Minggu (8/8/2021).

Ia menjelaskan, ketika anak-anak melakukan olahraga, maka oksigen yang masuk ke dalam tubuh akan semakin banyak. Sementara itu, ketika tubuh teroksigenasi dengan baik, kata dia, akan berpengaruh pada kontraksi otot karena pergerakan otot memerlukan oksigen.

"Tidak hanya itu. Ketika oksigen ini mencapai otaknya, maka otak itu, syaraf-syarafnya, memorinya akan menjadi lebih baik karena selalu teroksigenasi," kata dia.

Di samping itu, daya fokus dapat mengalami peningkatan bagi anak-anak yang melakukan olahraga.

"Anak yang bergerak dengan benar itu mempunyai daya fokus lebih lama. Jadi kemampuan fokus itu lebih lama. Kalau yang biasanya setengah jam sudah ke mana-mana pikirannya, ini bisa sejam bisa tahan lama," lanjutnya.

Adapun, kata dr. Rita, daya fokus tersebut berdampak pada performa belajar. Menurutnya, anak-anak lebih cepat mengerjakan sesuatu berkat kemampuan analisis yang semakin berkembang.

Manfaat lain olahraga bagi pertumbuhan anak adalah membantu saluran pencernaan. Menurut dr. Rita, aktivitas fisik dapat menstimulasi aktivitas di dalam saluran pencernaan sehingga microbiota berkembang.

"Ketika anak-anak bergerak, microbiotanya berkembang, dia akan mempengaruhi otak untuk mengeluarkan hormon bahagia, salah satunya hormon endorfin. Anak kalau punya hormon endorfin yang banyak, yang jumlahnya cukup, membuat mood anak itu baik," jelasnya.

Senada dengan dr. Rita, Psikolog Anak, Vera Itabiliana mengungkapkan hal yang sama. Selain mendukung pertumbuhan fisik dan performa belajar, olahraga bermanfaat pada pembentukkan karakter.

"Ketika berhasil melakukan sesuatu di bidang olahraga, harga dirinya jadi naik. Ternyata aku oke juga, ternyata aku punya sesuatu yang dibanggakan. Itu sering kali bisa menular ke area yg lain jadi ikut bareng maju Bersama," kata Vera.



Simak Video "Jaga Daya Tahan Tubuh Keluarga dengan Sarapan Berenergi Lengkap"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)