Senin, 09 Agu 2021 15:16 WIB

Kisah Bayi Terkecil di Dunia, Bertahan Hidup Meski Bobot Seringan Apel

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi bayi Ilustrasi bayi baru lahir. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Liudmila_Fadzeyeva)
Jakarta -

Bayi bernama Kwek Yu Xuan asal Singapura yang lahir pada 9 Juni 2020 disebut sebagai bayi terkecil di dunia berhasil melewati perawatan berbulan-bulan sebelum akhirnya dipulangkan.

Yu Xuan lahir berbobot hanya 212 gram, seperti bobot sebuah apel, dan panjangnya hanya 24 cm. Dia lahir saat berusia 25 minggu, sangat jauh dari rata-rata usia kelahiran bayi yaitu 40 minggu.

Pemegang rekor bayi terkecil sebelumnya adalah seorang bayi di AS dengan berat lahir hanya 245 gram pada 2018 lalu.

Ibu Yu Xuan melahirkannya melalui operasi caesar darurat empat bulan lebih cepat dari jadwal setelah dia didiagnosis dengan pre-eklampsia, tekanan darah tinggi yang berbahaya yang dapat merusak organ vital dan berakibat fatal bagi ibu dan bayinya.

Setelah dirawat selama 13 bulan, Yu Xuan kini memiliki berat 6,3kg yang jauh lebih sehat. Bayi perempuan itu disebut memiliki "peluang terbatas untuk bertahan hidup" menurut National University Hospital (NUH) Singapura, tempat dia dilahirkan.

[Gambas:Instagram]




"Melawan kemungkinan, dengan komplikasi yang hadir saat lahir, dia telah menginspirasi orang-orang di sekitarnya dengan ketekunan dan pertumbuhannya, yang menjadikannya bayi 'COVID-19' yang luar biasa, secercah harapan di tengah gejolak," tulis pernyataan rumah sakit dikutip dari BBC.

Selama berada di rumah sakit, Yu Xuan diberikan berbagai jenis perawatan dan mengandalkan berbagai jenis mesin untuk bertahan hidup.

Dokter mengatakan kesehatan dan perkembangannya stabil dan dimonitor dengan baik di bawah perawatan mereka dan Yu Xuan sekarang cukup sehat untuk dipulangkan.

Yu Xuan masih menderita penyakit paru-paru kronis dan membutuhkan bantuan pernapasan di rumah. Namun, dokter NUH mengatakan dia bisa menjadi lebih baik seiring waktu.

Ibunya, Wong Mei Ling, mengatakan kepada media lokal bahwa kelahiran dan ukuran Yu Xuan mengejutkan karena anak pertamanya - seorang anak laki-laki berusia empat tahun - lahir normal dan cukup bulan.

Orang tua Yu Xuan mampu membayar rawat inapnya yang lama melalui kampanye penggalangan dana yang mengumpulkan 270 ribu dolar AS atau sekitar Rp 3.878.739.000.



Simak Video "Cara Pijat Tangan hingga Punggung Bayi yang Benar ala Kemenkes"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)