Selasa, 10 Agu 2021 07:00 WIB

Ini yang Harus Dilakukan Ibu Menyusui Sebelum Divaksin

Yudistira Imandiar - detikHealth
vaksinasi Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Ibu menyusui diperbolehkan untuk mendapatkan vaksin COVID-19. Hal itu dijelaskan dalam Surat Edaran Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI tentang Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 No. HK.02.02/11/368/2021.

Supaya lebih aman, Satgas COVID-19 mengimbau agar ibu menyusui berkonsultasi tentang kondisi kesehatan dengan dokter atau tenaga kesehatan terlebih dulu sebelum divaksin. Selain itu, harus dipastikan badan dalam kondisi fit untuk menerima vaksin.

Berdasarkan keterangan Satgas COVID-19, vaksinasi COVID-19 tidak menimbulkan risiko kesehatan bagi bayi yang menerima ASI. Justru, antibodi yang dimiliki ibu setelah divaksin dapat melindungi bayinya.

"Setelah vaksin, tetap aman untuk menyusui karena menyusui dan kontak kulit-ke-kulit (skin-to-skin contact) dapat mengurangi risiko kematian bayi secara signifikan dan memiliki manfaat yang lebih besar dibandingkan potensi risiko penularan COVID-19," bunyi keterangan Satgas COVID-19 dikutip dari situs satgascovid19.go.id, Senin (9/8/2021).

Sementara itu, jika ibu menyusui terkonfirmasi positif COVID-19 tetap dapat memberikan ASI dengan memperhatikan protokol kesehatan. Satgas COVID-19 menyatakan virus Corona tidak terdeteksi di dalam ASI Ibu yang terkonfirmasi positif.

Sebelumnya, melalui Surat Edaran HK.02.01/I/2007/2021, Kemenkes mengizinkan pemberian vaksin untuk ibu hamil. Vaksin untuk ibu hamil menggunakan vaksin platform mRNA, yakni Pfizer dan Moderna, serta vaksin platform inactivated Sinovac. Monitoring tetap akan dilakukan untuk mengetahui apakah ada efek samping yang muncul pada ibu hamil yang telah divaksinasi.

Terkait pemberian vaksin, untuk dosis pertama akan diberikan kepada ibu hamil di trimester kedua kehamilan. Sedangkan pemberian dosis kedua dilakukan sesuai dengan interval dari jenis vaksin.



Simak Video "Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 untuk Ibu Hamil dan Anak di Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/up)