Selasa, 10 Agu 2021 11:35 WIB

Round Up

Menkes: COVID-19 Akan Hidup Cukup Lama Bersama Kita

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Menkes Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan pandemi COVID-19 kemungkinan besar akan berlangsung lama, bahkan butuh waktu bertahun-tahun untuk memutus penularannya.

"Ke depannya mungkin besar bahwa virus ini (COVID-19) akan hidup cukup lama bersama kita. Jadi arahan Presiden kita harus memiliki roadmap bagaimana kalau ke depannya memang virus ini hilangnya butuh waktu sampai tahunan," jelas Menkes Budi dalam konferensi pers Evaluasi PPKM, Senin (9/8/2021).

Melihat adanya kemungkinan ini, pemerintah akan menyusun roadmap yang mengatur aktivitas masyarakat untuk hidup berdampingan dengan Corona. Menkes mengatakan akan melakukan pilot project yang mengatur secara daring penerapan protokol kesehatan di enam aktivitas esensial.

"Perdagangan modern seperti mal, departemen store, perdagangan tradisional seperti pasar basah atau toko kelontong, kantor dan kawasan industri,transportasi baik darat laut udara, pariwisata hotel resto event, keagamaan, pendidikan," paparnya.

Keenam jenis aktivitas ini akan menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk mengetahui status vaksinasi dan hasil tes PCR bagi yang ingin melakukan perjalanan domestik dengan pesawat udara.

Mereka yang sudah divaksinasi akan memperoleh kelonggaran dalam menjalankan aktivitas dan dalam penerapan protokol kesehatan.



Simak Video "Satgas: Kenaikan Kasus Covid-19 Dunia Sangat Signifikan!"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)