Selasa, 10 Agu 2021 15:51 WIB

7 Obat Sakit Perut Alami yang Mudah Didapat, Begini Cara Meraciknya

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Asian woman stomachache, feel pain for period conceptAsian woman stomachache, feel pain for period concept Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Nattakorn Maneerat
Jakarta -

Ada begitu banyak obat sakit perut yang disediakan di apotek, namun tak sedikit orang yang lebih memilih cara 'herbal' untuk mengatasinya. Sakit perut sendiri bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya gangguan pencernaan.

Ada beberapa gejala yang biasa ditimbulkan ketika kita sedang mengalami sakit perut, seperti mual, perut kembung, hingga muntah. Untuk mengatasinya, ada beberapa makanan dan minuman yang bisa dikonsumsi untuk mengurangi gejala sakit perut.

Berikut beberapa obat sakit perut alami yang bisa dicoba, seperti dikutip detikcom dari berbagai sumber.

1. Jahe

Sejak dahulu, jahe kerap digunakan sebagai obat sakit perut alami. Beberapa penelitian telah menunjukkan jahe dapat menjadi pengobatan yang sangat efektif untuk mengatasi beberapa jenis sakit perut.

Sensasi panas yang ditimbulkan dari jahe ketika dikonsumsi dapat mengobati pencernaan. Selain itu, jahe juga dapat secara alami meredakan peradangan.

Jahe sangat efektif dalam meredakan rasa mual dan muntah yang diakibatkan oleh masalah pencernaan. Kamu bisa mengonsumsi jahe dengan beberapa cara, seperti diseduh dengan teh panas dan mengunyahnya secara langsung.

2. Madu

Berdasarkan riset yang dipublikasi di Indian Journal of Medical Research 2013, madu dapat memberikan manfaat dalam mengatasi masalah pencernaan. Beberapa manfaat madu yang diperhatikan peneliti, yaitu tinggi antioksidan, antiradang, dan bisa melindungi selaput lendir.

3. Kunyit

Menurut dr Helmin Agustina Silalahi dari Health Division PT Kalbe Farma, kandungan kunyit dapat membantu menambah lapisan dinding lambung, sehingga tidak mudah teriritasi oleh asam lambung.

Kamu bisa mengonsumsi kunyit dengan campuran herba lainnya, seperti jahe dan madu.

4. Teh chamomile

Obat sakit perut alami selanjutnya adalah teh chamomile. Teh herbal ini sudah sejak lama dipercaya dapat mengatasi gangguan pencernaan, perut kembung, mual, dan diare.

Secangkir teh chamomile dapat bertindak sebagai anti-inflamasi. Artinya, mengonsumsi teh ini dapat membantu otot pencernaan menjadi lebih rileks, sehingga rasa sakit perut akan berkurang.

5. Lemon

Lemon dapat berguna untuk mengatasi sakit perut yang disebabkan oleh masalah kesulitan dalam mencerna makanan. Ketika makanan yang dikonsumsi itu sulit dicerna, maka perut akan menjadi terasa tidak nyaman.

Oleh sebab itu, lemon dapat merangsang produksi asam untuk membantu memecah makanan dalam perut, sehingga pencernaan akan kembali menjadi lancar. Kamu bisa mengonsumsi lemon dengan cara menyeduhnya dengan secangkir air hangat.

6. Peppermint

Peppermint dikenal dengan kandungan mentolnya yang tinggi. Tak hanya dapat membuat napas menjadi lebih segar, mentol juga bisa berperan sebagai analgesik alami, atau pereda nyeri.

Maka dari itu, peppermint diyakini dapat mengatasi rasa mual dan sakit perut.

Ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengonsumsi peppermint, seperti menyeduhnya dengan secangkir teh panas, mengunyah daunnya secara langsung, atau mengisap permen mint.

7. Diet BRAT

Diet BRAT adalah kombinasi banana, rice, applesauce, dan toast. Artinya, kamu dapat mengonsumsi pisang, nasi, saus apel, dan roti panggang untuk mengatasi sakit perut.

Diet BRAT dapat mengobati rasa mual dan diare. Diet ini dianjurkan karena makanan yang dikonsumsi tidak mengandung banyak garam, sehingga tidak akan memperburuk gejala sakit perut.

Kapan harus ke dokter?

Sakit perut terkadang mengindikasikan masalah yang lebih serius. Apabila kamu sudah mencoba berbagai macam obat sakit perut alami di atas dan tetap merasakan mual hingga muntah yang berkepanjangan, sebaiknya segera hubungi dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.



Simak Video "Ini Alasan Jangan Makan Rasa Asam di Pagi Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/kna)