Selasa, 10 Agu 2021 18:09 WIB

Masuk Mal, Perlu Cetak Kartu Vaksin COVID-19 Nggak Sih? Begini Praktiknya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ada 10 mal di Semarang yang diperbolehkan beroperasi hari ini. Salah satunya Paragon Mal di Jalan Pemuda. Berikut foto-foto suasana terkininya. Foto: Angling Adhitya Purbaya
Jakarta -

Pemerintah mengizinkan mal dan pusat perbelanjaan buka secara bertahap di masa PPKM level 4. Pembukaan mal ini berlaku di empat kota yakni DKI Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya.

Syarat masuk mal adalah melampirkan surat keterangan vaksin COVID-19 minimal dosis pertama. Apakah masyarakat perlu cetak kartu vaksin COVID-19?

Pantauan detikcom di pusat perbelanjaan Jakarta Selatan, Selasa (10/8/2021), pengunjung diwajibkan mengunduh aplikasi PeduliLindungi sebelum masuk ke area mal. Ada beberapa pengunjung yang mencetak kartu vaksin dalam bentuk hardcopy, hanya saja mereka tetap diwajibkan menunjukkan sertifikat vaksin melalui aplikasi.

"Bagi yang belum punya aplikasi silahkan di download dulu," kata petugas keamanan.

Aplikasi PeduliLindungi selain mengecek sertifikat vaksin juga dibutuhkan untuk mempermudah masuk-keluar mal. Pengunjung juga akan mengisi data diri dan registrasi di PeduliLindungi sebelum memasuki mal yang akan ditunjukkan kepada petugas keamanan.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan izin pembukaan mal diberikan selama sepekan ke depan. Protokol kesehatan harus dipatuhi oleh pengelola dan pengunjung.

"Hanya mereka yang sudah divaksin dapat masuk mal dan harus gunakan aplikasi PeduliLindungi," kata Luhut.

Cara cek QR code dari aplikasi PeduliLindungi

  • Buka aplikasi PeduliLindungi dan login
  • Dari menu utama, pilih Scan QR Code di Lokasi Tujuan Anda
  • Scan QR Code yang tersedia di lokasi pintu masuk mal dan tunjukan hasilnya kepada petugas atau satpam mal.
  • Jika muncul warna hijau berarti Anda boleh masuk mal. Jika warna kuning, petugas akan melakukan verifikasi ulang. Jika warna merah, Anda tidak boleh masuk mal.

Cetak kartu vaksin COVID-19 tidak diperlukan untuk masuk mal. Pengunjung yang membawa sertifikat vaksin dalam bentuk cetak tidak diperkenankan masuk ke mal.



Simak Video "Sertifikat Vaksin Covid-19 di PeduliLindungi Eror? Coba Lakukan Ini!"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)