Selasa, 10 Agu 2021 06:03 WIB

Daftar Mal di Jakarta yang Sudah Wajibkan Sertifikat Vaksin COVID-19

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
PPKM Darurat membuat salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta sepi. Hanya beberapa gerai yang diizinkan buka dengan prokes ketat. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diperpanjang, namun sejumlah pelonggaran mulai diterapkan. Uji coba pembukaan mal dan pusat perbelanjaan mulai dilakukan di sejumlah kota.

"Uji coba pembukaan pusat perbelanjaan mal ini akan dilakukan di kota Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, dengan kapasitas 25 persen selama seminggu ke depan, dengan protokol kesehatan yang ketat," kata Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, dalam siaran pers Senin (8/9/2021).

Tetap ada persyaratan yang harus dipenuhi. Selain kapasitas yang dibatasi hanya 25 persen, hanya yang sudah divaksinasi COVID-19 yang diizinkan masuk mal, ditunjukkan dengan sertifikat vaksin dari aplikasi PeduliLindungi.

Batasan lainnya adalah usia. Untuk saat ini, anak di bawah usia 12 tahun dan lansia di atas 70 tahun belum diizinkan masuk mal.

Sebelumnya, sejumlah mal dan pusat perbelanjaan di DKI Jakarta sudah lebih dulu mengumumkan syarat vaksinasi bagi pengunjung maupun karyawan. Beberapa mal yang sudah mengumumkan wajib bawa sertifikat vaksin di antaranya:

1. Blok M Plaza

Kebijakan ini mulai diumumkan melalui akun Instagram resmi pada 4 Agustus 2021. Berlaku untuk pengunjung, termasuk karyawan, staf toko dan kontraktor wajib menunjukkan sertifikat vaksin COVID-19.

[Gambas:Instagram]




2. Cibubur Junction

Sementara, Cibubur Junction mengumumkan kebijakan baru check in dan check out dari mal tersebut. Pengunjung mengunduh aplikasi PeduliLindungi terlebih dahulu. Setelah itu, buat akun dengan mendaftar dan mengisi data diri. Kemudian, pilih scan QR code dan ditunjukkan hasilnya kepada sekuriti.

Peraturan baru ini akan mulai efektif diterapkan pada 23 Agustus 2021. Saat ini hanya supermarket dan apotek yang buka di mal tersebut. Beberapa restoran yang buka tidak melayani dine in.

[Gambas:Instagram]




3. Grand Indonesia

Grand Indonesia menerapkan peraturan wajib menunjukkan sertifikat vaksin COVID-19 mulai berlaku 7 Agustus 2021, kecuali pengunjung yang memiliki kondisi medis tertentu sehingga tidak diperbolehkan divaksin, wajib menunjukkan surat keterangan dokter. Pengunjung disarankan untuk mengunduh aplikasi PeduliLindungi.

[Gambas:Instagram]




4. ITC Cempaka Mas, ITC Fatmawati dan ITC Roxy Mas

ITC Cempaka Mas, ITC Fatmawati dan ITC Roxy Mas mengumumkan mal mulai dibuka dengan jam operasional dan persyaratan akses masuk bagi pengunjung, pedagang, dan pekerja untuk menunjukkan sertifikat vaksin COVID-19 minimal dosis 1.

[Gambas:Instagram]




5. Kota Kasablanka

Pengumuman pemberlakuan kebijakan menunjukkan sertifikat vaksin sebelum memasuki area mal Kota Kasablanka mulai efektif pada 10 Agustus 2021.

[Gambas:Instagram]




Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4


Simak Video "Mal Mulai Syaratkan Pengunjung Bawa Sertifikat Vaksin Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]