ADVERTISEMENT

Selasa, 10 Agu 2021 05:00 WIB

Round Up

Virus Tak Mau Pergi, RI Siapkan Roadmap Hidup Berdampingan dengan COVID-19

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Jakarta -

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membeberkan rencana atau roadmap hidup berdampingan dengan COVID-19. Hal tersebut sebagai salah satu langkah antisipasi saat COVID-19 tidak bisa menghilang dalam waktu dekat.

"Ke depannya mungkin besar bahwa virus ini akan hidup cukup lama bersama kita. Jadi arahan Presiden kita harus memiliki roadmap bagaimana kalau ke depannya memang virus ini hilangnya butuh waktu sampai tahunan," jelas Menkes Budi dalam konferensi pers Evaluasi PPKM, Senin (9/8/2021).

Aturan bagi warga sudah divaksin diperlonggar

Kabar baik bagi yang sudah divaksinasi Corona, protokol kesehatan dipastikan Menkes akan dilonggarkan. Termasuk salah satu yang dinanti-nanti, bebas masker selamanya.

"Nanti setiap aktivitas tersebut, kalau mau masuk ke aktivitas tersebut, harus ada proses skrining, kalau sudah vaksin mereka akan masuk dan akan memperoleh protokol yang lebih longgar dibandingkan yang belum vaksin. Sama seperti masuk ke resto ada area merokok dan tidak merokok," kata Menkes.

"Kalau yang sudah vaksin bisa mejanya berempat, bisa buka masker, tapi yang belum masker satu meja berdua, dan di tempat terbuka," sambungnya.

Berikut aktivitas yang akan dilonggarkan di roadmap hidup berdampingan dengan COVID-19:

1. Perdagangan

Aktivitas perdagangan baik modern maupun tradisional akan kembali dibuka dengan protokol kesehatan yang ketat. Perdagangan modern yang dimaksud adalah kegiatan di mal, department store. Sementara, untuk tradisional yaitu pasar basah, hingga toko-toko kelontong.

2. Kantor dan kawasan industri

Meski belum menjelaskan lebih detail terkait pelaksanaan roadmap hidup berdampingan dengan COVID-19, Menkes memastikan sektor industri kembali beroperasi dengan proses skrining ketat bagi mereka yang sudah divaksinasi dan tidak divaksinasi.

3. Transportasi umum

Transportasi umum darat, laut, maupun udara juga akan diperbolehkan beroperasi dengan persyaratan vaksinasi COVID-19 dan hasil tes negatif PCR. Status vaksinasi dan kondisi seseorang disebut Menkes sudah bisa dilihat saat check in, baru berlaku di transportasi udara.

"Kita juga sudah mengintegrasikan dengan transportasi udara, dimana teman-teman juga sudah merasakan setiap kali kita cek in akan langsung ketahuan status vaksinasi dan status PCR secara digital," sambungnya.

4. Pariwisata

Hotel, restoran, hingga sejumlah event akan kembali dibuka dengan syarat skrining ketat. Sektor pariwisata juga menjadi salah satu kegiatan yang tercantum dalam keputusan pemerintah roadmap hidup berdampingan dengan COVID-19.

Selanjutnya
Halaman
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT