Jumat, 13 Agu 2021 13:10 WIB

Kelamaan WFH, Lakukan 4 Gerakan Ini untuk Atasi Perut Buncit

Yudistira Perdana Imandiar - detikHealth
Overweight woman with tape is measuring fat on belly - obesity concept Foto: iStock
Jakarta -

Work from home (WFH) membuat aktivitas kerja yang biasanya dilakukan di kantor kini berpindah ke rumah. Ini mungkin mengubah kebiasaan aktivitas sehari-hari. Dari biasanya harus berjalan kaki ke satu ruangan ke ruangan lain, kini hanya berpindah dari meeting online ke meeting online yang lain.

Pekerjaan yang tadinya banyak gerak, kini berubah menjadi lebih sering duduk. Apalagi, kalau di rumah tak pernah olahraga dan banyak ngemil sembari kerja. Alhasil berat badan naik dan perut pun menjadi lebih buncit.

Anda salah satu yang mengalami masalah perut buncit akibat terlalu lama work from home (WFH)? Kalau iya, jangan resah berlebihan, karena ada cara efektif untuk mengecilkan perut yang dapat dilakukan di rumah.

Perut buncit terjadi akibat penumpukan lemak di area perut yang membuat ukurannya membuncit. Melansir Medicalnews Today, penumpukan lemak ini terjadi karena berbagai hal, mulai dari pola makan yang tidak sehat plus kurang aktivitas fisik, stres, bahkan faktor genetik juga bisa berpengaruh.

Agar lemak yang mengendap bisa terurai, pola makan mesti diubah, diimbangi dengan aktivitas fisik yang cukup. Berikut ini, ada beberapa rekomendasi latihan untuk mengecilkan perut dikutip dari Healthline.

Too Reaches

Untuk melakukan ini, Anda cukup berbaring lurus di lantai dan angkat kedua kaki dan tangan sejajar ke atas. Kemudian lakukan gerakan tubuh bagian atas (seperti gerakan sit up) sampai telapak tangan menyentuh ujung jari kaki. Gerakan ini akan membakar lemak dan menguatkan otot perut.

Side Plank

Latihan yang satu ini juga efektif untuk membakar lemak di perut. Cara melakukannya, yakni berbaring ke kanan lalu angkat tubuh dengan bertumpu pada lengan dan kaki kanan. Kencangkan otot perut untuk menjaga keseimbangan agar tidak terjatuh. Pertahankan posisi ini selama 30 detik sampai 1 menit.

Bicycle Crunch

Sesuai namanya, gerakan ini mirip prinsip mengayuh sepeda namun dalam posisi berbaring. Cara melakukannya, yakni dengan berbaring, angkat kepada, lalu kedua tangan berada di belakang kepala (seperti sit up) dan tekuk kedua kaki ke arah perut. Kemudian gerakkan kaki maju-mundur (luruskan lalu tekuk kembali ke dalam) secara bergantian seperti sedang mengayuh sepeda. Adapun tangan bergerak maju-mundur dengan posisi berlawanan dengan kaki (tangan kanan maju saat kaki kiri bergerak ke depan dan sebaliknya). Lakukan berulang sebanyak 2-3 set dengan minimal 8 gerakan setiap set.

Pose Perahu

Untuk mengencangkan otot perut, terutama bagian bawah, lakukan pose perahu secara rutin. Caranya, duduk di lantai dengan punggung sedikit mundur (posisi badan sekitar 60 derajat dengan lantai), angkat kaki 60 derajat dari lantai sehingga posisi tubuh dan kaki membentuk huruf V, dan tangan lurus ke depan. Kemudian, bagian lutut ke bawah digerakkan naik-turun secara berulang-ulang. Lakukan gerakan ini selama 1 menit sebanyak 2-3 set.

Itu dia beberapa gerakan yang dapat dilakukan untuk membakar lemak perut. Tentunya proses mengecilkan perut tidak dapat berlangsung instan. Butuh konsistensi untuk melakukannya secara rutin.

Agar tidak salah dalam melakukan gerakan-gerakan di atas, Anda bisa mengikuti instruktur virtual dari YouTube atau platform lainnya. Banyak tutorial lengkap gratis yang dapat diikuti.

Latihan mengecilkan perut dengan bantuan instruktur virtual akan semakin mudah dilakukan di Samsung Galaxy Z Fold3 5G. Dengan Flex Mode pada Samsung Galaxy Z Fold3 5G, ponsel dapat ditekuk dengan posisi sesuai kebutuhan pengguna sehingga tutorial dapat dilihat dengan mudah dalam berbagai posisi, baik ketika berbaring, duduk, atau berdiri. Saat menggunakan mode tersebut, layar terbagi menjadi dua tampilan, yakni bagian atas memutar video sedangkan layar bagian bawah memuat tombol kontrol seperti volume, kecerahan layar, tombol tangkapan layar, dan sebagainya.

Samsung Galaxy Z Fold 3Samsung Galaxy Z Fold 3 Foto: dok. Samsung

Galaxy Z Fold3 5G yang diintegrasikan dengan Samsung Galaxy Watch4 dapat memantau kadar oksigen dalam darah serta intensitas tidur harian pengguna. Selain itu, komposisi lemak, air, serta otot pada tubuh pengguna juga dapati dideteksi berkat kehadiran teknologi Bioelectrical Impedance Analysis sensor (BIA).Dengan begitu, pengguna dapat memantau efektivitas tidurnya untuk hidup yang lebih sehat dan bugar.

Smartphone ini menjadi generasi Galaxy Z Series yang membawa teknologi dari Galaxy Note Series yaitu fungsi S Pen. Pengguna bisa memanfaatkan berbagai fitur S Pen yang sudah dioptimalkan untuk layar foldable, sehingga cocok untuk Anda yang multitasking.

Anda bisa memiliki smartphone ini mulai dari Rp 24.999.000, jauh lebih terjangkau dibandingkan pendahulunya yaitu Samsung Galaxy Z Fold2 yang dibanderol hampir Rp 34 juta.

Smartphone ini didukung prosesor Snapdragon 888 yang dapat diandalkan untuk menjalankan bisnis Anda. Chipset tersebut dipadukan dengan RAM LPDDR5 12 GB dengan 2 pilihan ROM yaitu 256 GB/ 512 GB.

Samsung Galaxy Z Fold3 juga membawa layar internal Infinity Flex Display berukuran 7,6 inci. Pandangan pun akan semakin luas tanpa gangguan notch maupun punch hole berkat teknologi terbaru kamera Under Display. Layar ini juga sudah dilengkapi Dynamic AMOLED 2X Display dengan refresh rate mencapai 120Hz.

Samsung membuat ponsel lipat ini dengan desain yang lebih mulus, tipis, dan ringan untuk lebih mudah dibawa ke mana- mana. Samsung Galaxy Z Fold3 tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu Phantom Black, Phantom Green, dan Phantom Silver.

Samsung Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 akan tersedia secara pre-order mulai dari 11 Agustus 2021 dan akan diluncurkan pada 27 Agustus 2021 di sejumlah kawasan seperti Amerika Serikat, Eropa, dan Korea Selatan.

Setiap pre-order yang dilakukan untuk Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3, pengguna akan mendapatkan perlindungan Samsung Care+22, layanan perbaikan premium dari Samsung, selama setahun. Untuk info lebih lanjut bisa dilihat di tautan berikut ini.



Simak Video "TOP 5: Vaksin AstraZeneca Disetujui di RI, Aa Gym Ceraikan Teh Ninih"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/up)