Senin, 14 Jun 2021 15:13 WIB

12 Makanan Penambah Berat Badan dengan Cepat dan Sehat

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
wanita menimbang berat badan 12 makanan yang bisa menambah berat badan dengan cepat. (Ilustrasi Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Memilih makanan penambah berat badan ternyata tidak bisa sembarangan lho. Jika salah memilih, bisa jadi hanya membuat perut menjadi buncit dan mengancam kesehatan tubuh.

Untuk mencapai berat badan yang ideal, dibutuhkan makanan yang bisa meningkatkan otot serta kesehatan secara keseluruhan. Tentunya, makanan tersebut harus kaya akan nutrisi yang bisa menambah berat badan dengan aman dan efektif.

Dikutip dari Medical News Today, berikut beberapa makanan penambah berat badan dengan cepat dan tentunya baik untuk kesehatan.

1. Susu

Susu termasuk sumber vitamin dan mineral yang baik, yang mengandung kalsium, karbohidrat, lemak, dan juga protein.

Kandungan protein pada susu menjadikannya sebagai pilihan yang baik untuk orang yang ingin mencoba membentuk otot. Untuk itu, susu sangat dianjurkan sebagai salah satu makanan penambah berat badan yang sehat.

2. Nasi

Nasi yang biasa dikonsumsi setiap hari juga bisa menjadi pilihan sebagai makanan penambah berat badan. Dalam semangkuk nasi mengandung sekitar 200 kalori.

Nasi merupakan sumber karbohidrat yang baik, yang berkontribusi untuk menambah berat badan. Nasi ini bisa dikonsumsi bersamaan dengan makanan yang mengandung protein dan sayuran.

3. Daging merah

Daging merah mengandung nutrisi leusin dan creatine yang bisa membantu meningkatkan massa otot. Selain itu, makanan penambah berat badan satu ini juga mengandung protein serta lemak yang bisa meningkatkan berat badan.

Sebuah studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi daging merah tanpa lemak bisa menambah berat badan dan meningkatkan kekuatan untuk berolahraga sebesar 18 persen.

4. Roti gandum utuh

Roti gandum utuh juga bisa menjadi pilihan makanan penambah berat badan dengan cepat. Makanan ini mengandung karbohidrat kompleks yang bisa menambah berat badan.

5. Makanan kaya pati

Makanan yang mengandung pati bisa meningkatkan pertumbuhan otot dan penambah berat badan. Selain menambah kalori, makanan pati ini juga mengandung glukosa yang bisa bermanfaat untuk menambah energi.

Beberapa makanan yang kaya pati meliputi:

- Kentang
- Jagung
- Labu
- Gandum
- Ubi jalar
- Sereal gandum utuh
- Sereal

6. Salmon

Makanan penambah berat badan dengan cepat selanjutnya adalah ikan salmon. Dalam enam ons salmon mengandung 240 kalori.

Ikan salmon juga mengandung lemak sehat yang membuatnya sering menjadi pilihan makanan untuk orang-orang yang ingin menambah berat badan. Kandungan lainnya yang terdapat pada salmon yaitu omega 3 dan protein.

Pasta juga bisa jadi pilihan makanan penambah berat badan yang sehat lho. Klik ke halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pentingnya Asupan Protein di Masa Pandemi COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]