Kamis, 12 Nov 2020 05:51 WIB

Buat yang Kerempeng, 5 Makanan Sehat Ini Ampuh Menambah Berat Badan

Farah Nabila - detikHealth
Female is dieting and checking her weight on the scale, selective focus Makanan yang bisa meningkatkan berat badan (Foto: istock)
Jakarta -

Bagi sebagian orang, menambah berat badan atau menambah massa otot bisa sama sulitnya dengan menurunkan berat badan bagi orang lain. Namun, hanya dengan mengonsumsi makanan tertentu dapat membuat upaya penambahan berat badan menjadi sehat dan lebih efektif.

Alih-alih mencoba memanjakan diri dengan makanan manis atau berlemak, pilihlah makanan berkalori tinggi yang bermanfaat untuk menambah berat badan. Makanan berkalori tinggi dapat memberikan energi dan membangun massa otot.

Dikutip dari Health Line, berikut makanan terbaik yang dapat menambah berat badan atau menambah otot dengan cara yang sehat.

1. Susu

Susu telah digunakan sebagai penambah berat badan atau pembangun otot sejak dahulu. Susu memberikan keseimbangan yang baik antara protein, karbohidrat, dan lemak dan merupakan sumber kalsium yang baik, serta vitamin dan mineral lainnya.

Susu adalah sumber protein yang sangat baik yang menyediakan protein kasein dan whey. Penelitian bahkan menunjukkan hal itu dapat membantu menambah otot bila dikombinasikan dengan angkat beban. Cobalah minum satu atau dua gelas susu murni (149 kalori per cangkir) sebagai camilan, saat makan, atau sebelum dan setelah berolahraga.

2. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak sehat. Tidak seperti buah lainnya, alpukat cukup padat kalori dan merupakan makanan yang baik untuk menambah berat badan.

Alpukat juga kaya akan vitamin, mineral, dan berbagai senyawa tanaman bermanfaat. Tambahkan alpukat ke makanan utama dan hidangan lainnya seperti omelet atau sandwich.

3. Dark chocolate

Cokelat hitam mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Coklat hitam juga mengandung kalori yang dapat membantu menambah berat badan. Seperti makanan berlemak tinggi lainnya, coklat hitam memiliki kepadatan kalori yang sangat tinggi, artinya sangat mudah mendapatkan banyak kalori darinya.

Cokelat hitam dengan 70 persen kakao (biji dari mana cokelat dibuat) dapat membantu mengatur hormon stres dan kadar gula darah. Hal ini juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, beberapa jenis kanker, peradangan, stres, dan diabetes tipe 2.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]