Rabu, 11 Nov 2020 21:39 WIB

Ingin Jantung Lebih Sehat? Khusus Pasutri, Rahasianya Perbanyak Bercinta

Kanya Anindita - detikHealth
ilustrasi pasangan bercinta Bercinta baik untuk kesehatan jantung (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Hubungan seks tidak hanya membuat senang hati pasutri, melainkan baik juga untuk kesehatan. Seks dapat mengurangi stres, menunda penuaan, bahkan mencegah terjadinya penyakit.

Dikutip dari Insider, berikut 5 manfaat yang perlu diketahui dari hubungan seks:

1. Seks meningkatkan kesehatan jantung

Sebuah studi di American Journal of Cardiology menunjukkan bahwa pria yang berhubungan seks dua kali seminggu memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular. Hubungan seks secara teratur juga dapat membuat kondisi psikis lebih baik.

2. Seks mengurangi stres

Penelitian di University of the West of Scotland menunjukkan bahwa seks dapat menurunkan hormon stres dan membantu mengatasi penyakit mental. Mereka yang sering berhubungan seks cenderung memiliki mental yang sehat serta tekanan darah yang normal.

3. Baik untuk kekebalan tubuh

Orang yang berhubungan seks seminggu sekali atau dua kali memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat daripada orang yang berhubungan seks kurang dari seminggu sekali. Air liur orang yang berhubungan seks seminggu sekali lebih banyak mengandung immunoglobulin A (IgA) dibanding orang yang berhubungan seks kurang dari seminggu sekali.

Immunoglobulin A (IgA) adalah antigen yang berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh. Hal itu tertuang dalam buku Feeling Good is Good for You: How Pleasure Can Boost Your Immune System and Extended Your Life oleh Charnetski, PhD, dan Francis X. Brennan Jr., PhD,

4. Menunda penuaan dini

Ahli saraf Inggris David Weeks, MD, dari Royal Edinburgh Hospital, mengungkapkan bahwa orang yang berhungan seks 4 kali dalam seminggu tampak terlihat lebih muda dibanding usia seharusnya. Kesenangan akibat hubungan seks dapat memperlambat hormon pertumbuhan.

5. Orgasme dapat mencegah kanker

Para peneliti di National Cancer Institute melaporkan bahwa pria yang sering orgasme setiap bulannya kecil kemungkinan terkena kanker prostat dibandingkan pria yang rata-rata ejakulasi 7 kali selama sebulan. Selain itu, orgasme juga dapat membatasi potensi munculnya zat berbahaya yang dapat memicu kanker.



Simak Video "Apakah Rekam Video Seks Diri Sendiri Termasuk Gangguan Jiwa?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)