Jumat, 13 Agu 2021 19:13 WIB

Ciri-ciri Kolesterol Tinggi dan Cara Mengatasinya Agar Tak Picu Stroke

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
kolesterol tinggi Foto: Thinkstock
Jakarta -

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan serangan jantung, stroke, batu empedu dan kondisi kesehatan lainnya. Oleh karena itu, penting mengetahui tanda kolesterol tinggi guna mencegah masalah kesehatan.

Terdapat dua jenis kolesterol pada tubuh, yaitu kolesterol baik dan kolesterol jahat. Kolesterol baik atau High-density lipoprotein (HDL) berfungsi untuk mengembalikan kolesterol jahat atau Low-density lipoprotein (LDL) ke hati untuk dieliminasi.

Jika kadar kolesterol jahat terlalu tinggi atau kadar kolesterol baik terlalu rendah, timbunan lemak menumpuk di pembuluh darah. Endapan ini akan mempersulit darah yang cukup untuk mengalir melalui arteri yang menyebabkan masalah di seluruh tubuh, terutama di jantung dan otak yang bisa berakibat fatal.

Kolesterol tinggi biasanya terjadi karena pola makan yang tidak sehat atau terlalu banyak mengonsumsi makanan mengandung lemak.

Apa saja ciri-ciri kolesterol tinggi?

Kolesterol tinggi biasanya tidak menimbulkan ciri khusus. Satu-satunya cara untuk memastikannya adalah dengan rutin tes darah ke dokter setiap 4 hingga 6 tahun setelah berusia 20 tahun, terutama jika memiliki riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi.

Jika tes darah, menunjukkan kadar kolesterol darah berada di atas 240 miligram per desiliter (mg/dL), maka kolesterol tinggi.

Meski begitu, ada tanda kolesterol tinggi yang patut diwaspadai. Dikutip dari berbagai sumber, berikut 6 tanda kolesterol tinggi:

1. Obesitas dan diabetes

Orang yang mengalami obesitas atau pengidap diabetes berisiko memiliki kadar kolesterol yang tinggi.

2. Impotensi

Impotensi pada pria dapat menjadi tanda kolesterol tinggi karena adanya penumpukan kolesterol jahat pada pembuluh darah arteri.

3. Tekanan darah tinggi

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi ditandai dengan gejala kelelahan, kesulitan bernapas, sakit kepala, penglihatan kabur, detak jantung tidak teratur, dan nyeri dada.

4. Sesak napas dan nyeri dada

Tanda kolesterol tinggi yang harus diwaspadai yaitu sesak napas dan merasa nyeri pada dada, terutama jika memiliki riwayat penyakit jantung. Kolesterol tinggi dapat menyebabkan sesak napas dan nyeri pada dada.

5. Mudah lelah dan mengantuk

Seseorang dengan kadar kolesterol tinggi cenderung mudah lelah dan mengantuk karena timbulnya plak pada pembuluh darah. Plak tersebut menyebabkan terhambatnya aliran darah ke jaringan tubuh sehingga tubuh kurang mendapatkan asupan aliran darah.

6. Nyeri pada sejumlah bagian tubuh

Kadar kolesterol tinggi menyebabkan nyeri di beberapa bagian tubuh karena adanya penyumbatan pada arteri yang terhubung dengan bagian tubuh. Misalnya, jika ada penyumbatan di arteri kaki, maka kaki akan merasakan nyeri.

Sebagian besar tanda-tanda kolesterol tinggi disebabkan oleh penumpukan kolesterol pada arteri. Arteri adalah pembuluh darah yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh. Penumpukan kolesterol pada arteri atau yang biasa disebut plak, semakin lama akan menjadi keras dan membuat arteri menyempit sehingga tidak bisa mengirim aliran darah ke seluruh tubuh. Inilah yang kemudian menimbulkan gejala-gejala di atas.

Bagaimana mencegah kolesterol tinggi? Simak di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Hati-hati Kolesterol Naik! Perhatikan Tips Mengonsumsi Daging Kurban"
[Gambas:Video 20detik]