Senin, 16 Agu 2021 20:44 WIB

Menkes: Corona Akan Hidup Bersama Kita 5-10 Tahun Lagi

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Menkes Budi Gunadi Sadikin Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkap kapasitas tempat tidur di Indonesia yang dialokasikan untuk COVID-19 hanya cukup untuk 600 ribu kasus aktif Corona. Sementara angka kasus aktif saat Corona mencapai puncaknya hampir mendekati total 600 ribu.

"Kapasitas kita, adanya di 600 ribuan kasus aktif, dan kemarin sempat hampir menyentuh angka tersebut sehingga banyak pasien-pasien yang sulit ditangani," ungkap Menkes Budi dalam siaran pers live di YouTube, Kemenkeu RI, Senin (16/8/2021).

"Tapi sekarang alhamdulillah sekarang sudah turun di bawah 400 ribu," sambungnya.

"Karena pandemi ini tidak akan hilang dengan cepat, mungkin akan berubah menjadi epidemi dan kita mesti hidup dengan mereka bisa 5 tahun bisa 10 tahun, bisa juga lebih lama dari itu," jelas Budi. Pandemi COVID-19 dinilai Menkes tidak akan hilang dalam waktu dekat. Bahkan bisa memakan waktu hingga 10 tahun ke depan untuk kemudian menjadi epidemi.

"Fokus kita tidak langsung menghapus pandemi ini tapi bagaimana kita bisa mengendalikan pandemi Corona ini dengan memastikan bahwa laju penularannya selalu di bawah kapasitas layanan kita," sebut dia.

Menkes Budi menegaskan pemerintah akan fokus meningkatkan jumlah testing dan tracing. Masyarakat diminta terus melakukan protokol kesehatan.

"Memakai masker bisa mengurangi paparan sampai 95 persen lebih," pungkasnya.



Simak Video "Pemerintah Siapkan Skenario Ubah Pandemi Jadi Endemi di 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)