Selasa, 17 Agu 2021 13:30 WIB

Misteri Sidik Jari Anak Kembar Identik, Mirip atau Beda Sama Sekali?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi DNA Foto: Thinkstock
Jakarta -

Sidik jari tersusun atas serangkaian pola di ujung jari yang ditentukan oleh unsur genetik. Fungsi sidik jari adalah untuk meningkatkan cengkraman dan sentuhan pada benda yang dipegang.

Uniknya, tidak ada satu orang pun di muka Bumi yang punya pola sidik jari yang sama. Namun bagaimana dengan orang yang kembar identik? Apakah sidik jari mereka mirip?

Kembar identik atau kembar monozigot berasal dari embrio yang membelah dua pada awal perkembangannya. Pembelahan ini akan menghasulkan dua orang yang saling berbagi informasi genetik dan terlihat hampir sama persis.

Namun, mutasi genetik di dalam rahim menyebabkan mereka tidak memiliki DNA yang 100 persen sama. Sidik jari mereka pun berbeda dan tidak identik atau mirip.

"Kemungkinan dua individu punya sidik jari yang sama adalah 1:64 miliar. Sampai hari ini belum ada dua sidik jari yang ditemukan identik," kata ilmuwan forensik dan pakar sidik jari dari Sheffield Halam University, Inggris, Simona Francese, dikutip dari Live Science.

Francese menjelaskan, DNA bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi sidik jari seseorang. Faktor lingkunan yang berbeda dalam rahim juga berperan dalam perkembangan sidik jari.

Posisi janin, akses nutrisi, dan bahkan panjang tali pusar dapat berpengaruh pada perbedaan sidik jari pada anak kembar identik sekalipun.

Setelah mereka lahir, faktor eksternal juga mempengaruhi perbedaan sidik jari seperti kondisi kulut, bekas luka, dan kasus tertentu yang jarang terkadi karena obat-obatan.

"Kembar identik memang memiliki banyak kesamaan daripada individu acak, tapi sidik jari mereka cukup berbeda sehingga dapat digunakan untuk mengidentifikasi secara unik," tutup Francese.



Simak Video "Sambut Bahagia Kelahiran Bayi Kembar 3 di Parepare"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)