Selasa, 17 Agu 2021 16:12 WIB

Cara Mengecek Sertifikat Vaksin di Aplikasi PeduliLindungi, Nggak Pakai Ribet!

Vidya Pinandhita - detikHealth
PeduliLindungi Foto: Dok. PeduliLindungi
Jakarta -

Sejumlah aktivitas seperti perjalanan luar kota menggunakan pesawat terbang kini mensyaratkan sertifikat vaksin COVID-19 sebagai bukti sudah divaksin. Begitu juga untuk masuk mal di DKI Jakarta, pengunjung perlu melakukan scan menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Lalu, bagaimana cara mengecek sertifikat vaksin di aplikasi PeduliLindungi?

"Dengan aplikasi PeduliLindungi, untuk melakukan skrining terhadap pengunjung. Hal ini tentu akan membiasakan untuk hidup disiplin secara terdigitalisasi yang membuat perubahan pada pola hidup masyarakat saat ini," ujar Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam konferensi pers terkait perpanjangan PPKM darurat hingga 23 Agustus 2021, Senin (16/8).

Untuk mengecek dan mengunduh sertifikat vaksin COVID-19, masyarakat bisa mengakses aplikasi atau situs online. Berikut cara mengecek sertifikat vaksin di aplikasi PeduliLindungi:

  1. Unduh aplikasi PeduliLindungi di ponsel. Aplikasi ini sudah tersedia di App Store atau Play Store.
  2. Jika belum mempunyai akun, daftar lebih dulu dengan menekan menu 'Registrasi'. Kemudian isi kolom nama lengkap, NIK, dan nomor ponsel.
  3. Jika sudah mempunyai akun, bisa langsung login tanpa registrasi lebih dulu.
  4. Masukkan data diri, kemudian nomor ponsel yang didaftarkan akan menerima SMS berisi enam digit kode OTP. Masukan kode tersebut ke dalam kolom yang disediakan aplikasi.
  5. Klik 'Paspor Digital' kemudian pilih kolom berisi nama lengkap, maka sertifikat vaksin COVID-19 akan muncul. Bisa juga dengan klik 'Akun' pada pojok kanan atas, kemudian klik 'Sertifikat Vaksin'.
  6. Jika pada profil PeduliLindungi belum tersimpan NIK, pengguna akan diminta memasukkan NIK lebih dulu sebelum mengecek dan mengunduh sertifikat. Namun jika NIK sudah tersimpan, sertifikat dapat langsung diakses.
  7. Jika sudah menerima 2 dosis, akan terdapat 2 jenis sertifikat yakni sertifikat dosis 1 dan dosis 2.

Di samping cara mengecek sertifikat vaksin di aplikasi PeduliLindungi, masyarakat dapat menggunakan situs online https://pedulilindungi.id/. Seperti via aplikasi, pengguna akan diminta memasukkan nama lengkap, NIK, nomor ponsel, dan kode OTP yang diterima melalui SMS.



Simak Video "Sertifikat Vaksin Covid-19 di PeduliLindungi Eror? Coba Lakukan Ini!"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/kna)