Rabu, 18 Agu 2021 13:00 WIB

Vaksin Merah Putih Unair-PT Biotis Siap Produksi Massal Semester-1 2022

Vidya Pinandhita - detikHealth
Jakarta -

Vaksin COVID-19 Merah Putih produksi Universitas Airlangga (Unair) dan PT Biotis ditargetkan siap produksi massal pada semester pertama 2022.

"Ikhtiar kami untuk memproduksi vaksin Merah Putih bisa berhasil dan tepat waktu. Semester pertama tahun depan kami bisa memproduksi secara massal," ujar Direktur Utama PT Biotis, FX Sudirman dalam konferensi pers virtual, Rabu (18/8/2021).

Ketua Peneliti vaksin Merah Putih Prof Dr Fedik Abdul dr dari Unair juga menyiratkan optimisme terkait perkembangan vaksin merah putih Unair. Ia menyebut, vaksin berbasis inactivated virus yang tengah digarapnya bersama Biotis sejauh ini menunjukkan hasil baik, khususnya dari uji klinis fase 1 dan 2 pada hewan.

"Hasilnya baik dari sisi imunogenitas termasuk juga toxicity di dalamnya, dan juga pendekatan respons imunnya tidak hanya amoral tetapi juga seluler yang menghasilkan hasil yang menjanjikan," bebernya.

"Inilah dasar kami mengembangkan pre klinik fase kedua yang sedang berjalan. Kami pantau saat ini, memang belum bisa memberikan hasil keseluruhan karena memang belum selesai. Jadi on going," lanjut Prof Fedik.

(vyp/up)