Rabu, 18 Agu 2021 14:01 WIB

ROUND UP

Swab Antigen di Kimia Farma Jadi Rp 85 Ribu, PCR Rp 495 Ribu

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan agar harga tes PCR diturunkan. Jokowi meminta agar biaya tes PCR di kisaran Rp 450-550 ribu. Foto: Antara Foto
Jakarta -

Kementerian Kesehatan RI menyesuaikan tarif tertinggi tes swab PCR menjadi Rp 495 ribu di pulau Jawa dan Bali, di luar Jawa dan Bali sebesar Rp 525 ribu. Karenanya, sejumlah fasilitas kesehatan sudah menurunkan harga tes swab PCR mereka.

Kimia Farma misalnya, harga tes swab PCR kini dipatok dengan Rp 495 ribu. Tidak hanya harga swab PCR yang diturunkan, tetapi juga swab antigen.

Sekretaris Perusahaan Kimia Farma Ganti Winarno Putro mengungkap penyesuaian harga tersebut demi kelancaran masifnya testing dan jumlah tracing Corona di Indonesia. Syarat utama dalam pengendalian COVID-19.

"Kimia Farma akan mengikuti keputusan pemerintah tentang harga kebijakan tes PCR terbaru. Kimia Farma mendukung untuk mempercepat testing dan tracing yang ujungnya adalah mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional," sebut dia saat dihubungi detikcom.

Adapun rincian harga tes swab PCR dan antigen terbaru adalah seperti berikut:

PCR swab test:

- Rp 495 ribu

Swab antigen:

- Rp 85 ribu (regular)
- Rp 125 ribu (Abbott Panbio)

Harga di atas berlaku untuk seluruh Kimia Farma di Jakarta, Bandung, Semarang, Medan, hingga Makassar.

Meski begitu, Ganti memastikan harga tes swab PCR di seluruh Kimia Farma tentu sesuai dengan kesepakatan harga maksimal pemerintah.

"Sesuai dengan yang ditetapkan pemerintah," tegasnya.



Simak Video "Temuan Seputar Varian Omicron yang Perlu Jadi Perhatian"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)