Kamis, 19 Agu 2021 16:17 WIB

Muak Hadapi Antivaksin, Dokter Ini Tolak Rawat Pasien yang Belum Divaksin

Firdaus Anwar - detikHealth
Unknown red-bearded doctor and patient woman discussing current health examination while sitting and using tablet computer in clinic, close-up. Medicine concept. Foto: Getty Images/iStockphoto/andrei_r
Jakarta -

Seorang dokter di Alabama, Amerika Serikat (AS), viral di media sosial. Jason Valentine yang sehari-hari bekerja di Diagnostic and Medical Clinic Infirmary Health mengunggah foto pengumuman tidak menerima pasien yang belum divaksinasi COVID-19.

Alabama diketahui sebagai salah satu negara bagian AS dengan cakupan vaksinasi COVID-19 yang rendah. Hal ini membuat jumlah kasus COVID-19 meroket. Asosiasi Rumah Sakit Alabama menyebut pada hari Selasa (17/8/2021), terdapat 1.568 pasien yang butuh ICU sementara kapasitas hanya 1.557 tempat tidur.

Jason dalam hal ini mengaku sudah frustrasi karena beberapa kali menerima pasien sakit yang belum divaksinasi. Ia mempersilahkan bila ada pasiennya yang tidak bersedia untuk mencari dokter lain.

"Kita sampai hari ini belum punya terapi yang efektif untuk mengobati kasus parah, tapi kita punya cara yang hebat untuk mencegahnya yaitu vaksin. Sayangnya, masih banyak yang menolak vaksin dan sebagian dari mereka akhirnya sakit parah atau meninggal," tulis Jason seperti dikutip dari The Washington Post, Kamis (19/8/2021).

"Saya tidak bisa dan tidak akan memaksa orang-orang mengambil vaksin COVID-19, tapi saya juga tidak bisa melihat pasien-pasien saya menderita dan meninggal karena penyakit yang bisa dicegah," lanjutnya.



Simak Video "Pemerintah Minta Produsen Vaksin Covid-19 Penuhi Target Pengiriman"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/naf)