Kamis, 19 Agu 2021 17:46 WIB

Satgas Tegaskan Harga Tes PCR Turun Bukan Berarti Bebas Bepergian

Vidya Pinandhita - detikHealth
Jakarta -

Terkait penurunan harga tes COVID-19 PCR, Satgas COVID-19 menegaskan masyarakat tak berarti bebas melakukan perjalanan. Pasalnya, penurunan harga ini bukan untuk melonggarkan tanggung jawab penerapan protokol kesehatan, namun untuk memperluas pelacakan kasus COVID-19.

"Dan mohon masyarakat dapat bijak menindaklanjuti perubahan harga ini secara bertanggung jawab. Mobilitas tidak dilarang, namun sebaiknya dikendalikan sesuai dengan tingkat atau urgensinya," tegas juru bicara Satgas COVID-19, Prof Wiku Adisasmito, dalam konferensi pers virtual, Kamis (19/8/2021). .

Ia juga menyebut dalam pembiayaan tes PCR terdapat beberapa komponen yang ditanggung pemerintah.

Misalnya reagen untuk ekstraksi, reagen PCR, serta perawatan alat maupun biaya operasional termasuk SDM di laboratorium. Beberapa di antaranya tergolong bahan impor yang mendapatkan pajak khusus terkait alat dan material kesehatan. Di samping itu, pemerintah menurunkan harga dengan tujuan memperluas pemeriksaan COVID-19.

"Terlepas dari beberapa rincian biaya tersebut, pemerintah berkomitmen membuat harga testing PCR sebagai gold standard kian terjangkau. Khususnya, dalam rangka pelacakan kasus positif dan kontak erat," beber Prof Wiku.

(vyp/naf)