Jumat, 20 Agu 2021 05:39 WIB

10 Obat Sakit Perut Alami, Termasuk Nasi Putih

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
sakit perut Foto: Shutterstock
Jakarta -

Setiap orang pasti pernah mengalami sakit perut yang muncul secara tiba-tiba hingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk mengatasinya, obat sakit perut terutama yang alami sering menjadi pilihan.

Dikutip dari Healthline, sakit perut biasanya disebabkan adanya gangguan pencernaan atau dispepsia. Kondisi ini biasanya tidak perlu dikhawatirkan, karena masih bisa diobati dengan obat sakit perut rumahan.

Dikutip berbagai sumber, berikut 10 obat sakit perut alami yang masih mudah ditemukan di rumah. Apa saja ya?

1. Air putih

Obat sakit perut yang paling mudah didapatkan adalah air putih. Beberapa ahli mengatakan dengan minum air putih bisa sedikit membantu meredakan nyeri di perut dan diharapkan bisa menetralisir kandungan asam.

2. Campuran jeruk nipis atau lemon dengan soda kue

Beberapa penelitian menunjukkan campuran air jeruk nipis atau lemon yang ditambah dengan soda kue dan air bisa membantu meredakan keluhan pencernaan.

Campuran ini akan menghasilkan asam karbonat yang membantu mengurangi gas serta gangguan pencernaan. Jeruk nipis atau lemon juga bisa membantu mencerna dan menyerap lemak sekaligus menetralkan asam empedu, serta mengurangi keasaman di perut.

3. Jahe

Jahe juga sering digunakan sebagai obat sakit perut dan gangguan pencernaan. Kandungan yang ada di dalamnya bisa membantu membantu mengurangi sakit perut, diare, mual, dan muntah.

4. Air kelapa

Tak hanya segar, air kelapa juga bisa menjadi obat sakit perut alami, terutama sakit perut yang dipicu keram otot. Air kelapa mengandung magnesium dan potasium yang bisa mengurangi keram serta kejang pada otot.

5. Kayu manis

Kayu manis mengandung beberapa antioksidan yang bisa membantu memperlancar pencernaan, mengurangi risiko iritasi, dan kerusakan pada saluran pencernaan. Selain itu, obat sakit perut ini mampu mengurangi gas, kembung, keram, sendawa, dan menetralkan asam lambung untuk mengurangi mulas.

Ternyata nasi dan lidah buaya juga bisa lho jadi obat sakit perut. Klik ke halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Ini Alasan Jangan Makan Rasa Asam di Pagi Hari"
[Gambas:Video 20detik]