Jumat, 20 Agu 2021 20:00 WIB

Vaksin Sinovac-Pfizer Sudah Masuk RI, Mana yang Paling Baik Lawan COVID-19?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Sejumlah warga mendatangi GOR Kalideres, Jakarta Barat, Rabu (11/8/2021). Memanfaatkan hari libur nasional warga berbondong-bondong mendatangi sentra vaksinasi. Vaksinasi Corona. (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Indonesia baru saja menerima sebanyak 1,5 juta vaksin Pfizer yang akan digunakan dalam program vaksinasi nasional. Kedatangan vaksin Pfizer melengkapi kebutuhan vaksinasi Corona untuk masyarakat Indonesia.

Sejauh ini ada 5 vaksin yang digunakan di Indonesia, yakni CoronaVac (vaksin jadi buatan Sinovac), AstraZeneca, Moderna, Sinopharm, dan Pfizer. Dengan semakin ragamnya jenis vaksin Corona yang masuk, manakah vaksin terbaik?

"Kalau kita lihat kondisi di Indonesia, pada situasi ini, vaksin yang bagus adalah vaksin yang tersedia, yang ada," kata spesialis penyakit dalam dr Andi Khomeini Takdir Haruni, SpPD-KPsi, dalam bincang bersama e-Life detikcom, Jumat, (20/8/2021).

Dokter yang pernah menjadi relawan di Wisma Atlet ini juga mengatakan kita belum punya privilege atau hak istimewa untuk memilih jenis vaksin, karena stok yang tersedia pun belum cukup. Semua vaksin Corona yang tersedia di Indonesia memiliki kemampuan untuk mencegah infeksi.

"Vaksin apapun yang diterima, itu adalah yang terbaik," tegasnya.

Terkait efikasi vaksin pada varian Delta, dr Koko, sapaannya mengatakan, meski semua jenis vaksin ditemukan efikasinya lebih rendah, tapi tetap memberikan perlindungan terhadap varian yang pertama kali terdeteksi di India itu.



Simak Video "Komnas KIPI: Efek Vaksin Covid-19 Lebih Banyak Dialami Anak Muda"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)