Sabtu, 21 Agu 2021 19:15 WIB

Lee Donghae Super Junior Alami Efek Samping Ini Usai Divaksin COVID-19

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Lee Donghae Foto: Instagram leedonghae
Jakarta -

Salah satu anggota Super Junior, Lee Donghae, mengalami efek samping pasca divaksinasi COVID-19. Diketahui ia menerima vaksin Corona Pfizer.

Dikutip dari Allkpop, lewat postingan Instagram story miliknya pada Rabu (18/8/2021) ia mengungkapkan kekhawatiran soal nyeri lengan usai divaksinasi. Ia mengaku 8 jam setelah divaksin, lengannya terasa sakit.

"Lenganku sakit 8 jam setelah aku disuntik dengan vaksin. Apakah ini adalah gejala yang normal," tulisnya.

Beberapa waktu kemudian, Donghae kembali memposting perkembangan efek samping yang ia rasakan. Ia mengeluh tidak bisa mengangkat lengannya dan memutuskan untuk beristirahat.

"Sudah 12 jam sejak aku menerima vaksin Pfizer. Aku tidak bisa mengangkat lenganku," keluhnya.

"Gejala 14 jam 40 menit setelah vaksin. Lengan kanan saya tidak bisa diangkat. Saya akan tidur untuk saat ini," lanjutnya.

Baru-baru ini, ia kembali memposting kondisi terkini pasca menerima vaksin Pfizer. Setelah 25 jam, ia mulai mengalami demam hingga tubuhnya tidak bisa bergerak.

"25 jam telah berlalu setelah vaksinasi. Saya demam seperti pilek dan tubuh saya tidak bisa bergerak," ungkapnya yang dikutip dari Breakinglates News.

Efek samping memang umum terjadi setelah mendapatkan vaksinasi COVID-19. Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA), ada beberapa efek samping yang paling sering dilaporkan terkait vaksin Pfizer, yaitu:

  • Nyeri di tempat suntikan
  • Kelelahan
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot
  • Menggigil
  • Nyeri sendi
  • Demam.


Simak Video "Rencana Pfizer Produksi 3 Miliar Dosis Vaksin Covid-19 di 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)