Senin, 23 Agu 2021 16:28 WIB

Dampak COVID-19 Bisa Pengaruhi Tulang Anak, Ganggu Pertumbuhan?

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
Child measuring his height on wall. He is growing up so fast. Foto: Getty Images/pinstock
Jakarta -

Secara tidak langsung, pandemi COVID-19 berdampak pada pertumbuhan anak. Dokter spesialis tulang, dr Asa Ibrahim, Sp.OT menyebut selama pandemi kasus gangguan pertumbuhan pada anak banyak ditemukan.

Dalam thread di Twitter, dr Asa menjelaskan kaitan dampak COVID-19 dan asupan vitamin D serta kalsium pada anak. Ia menyebut, dua dampak utamanya berkaitan dengan sisi ekonomi dan aktivitas anak sehari-hari.

"Dua dampak utama adalah penurunan ekonomi keluarga sehingga berdampak asupan kalsium dan vitamin D menurun dan dampak terlalu banyak berdiam di dalam rumah sehingga kurang paparan sinar matahari," ujarnya.

Kekurangan vitamin D dan kalsium bisa menyebabkan gangguan pertumbuhan tulang dan sendi. Bahkan, gangguan pada tulang dan sendi ini bisa menetap atau tidak bisa disembuhkan jika terlanjur terjadi.

"Kalo sudah terlanjur rusak /terganggu pertumbuhan tulangnya, bisa jadi meskipun kemudian diperbaiki asupan kalsium dan vitamin D nya, kerusakan yang sudah terjadi bisa jadi tidak bisa baik lagi dan ada potensi cacat seumur hidup," ujar dr Asa.

Seperti yang kita ketahui, pertumbuhan anak harus dibarengi dengan asupan nutrisi yang baik, salah satunya vitamin D. Vitamin D diperlukan untuk penyerapan kalsium di dalam tubuh. Sumber vitamin D adalah sinar matahari dan beberapa jenis makanan tertentu.

Jika kedua sumber vitamin D ini menurun, maka sangat mungkin menyebabkan anak sakit. Hal ini lebih mungkin terjadi jika kondisi anak juga kekurangan asupan kalsium.

Lalu, bagaimana cara menjaga anak dari kekurangan vitamin D dan kalsium anak selama pandemi?

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Simak! Petunjuk Konsumsi Suplemen Vitamin D untuk Pasien COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)