Senin, 23 Agu 2021 21:33 WIB

Menkes: RI Sudah Suntikkan 90 Juta Dosis Vaksin COVID-19, Ranking ke-9 Dunia

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Program vaksinasi COVID-19 massal terus digencarkan di Yogyakarta. Vaksinasi COVID-19 itu kali ini sasar kelompok rentan mulai transgender hingga lansia. Sudah 90 juta dosis vaksin COVID-19 disuntikkan di Indonesia (Foto: Pius Erlangga/Detikcom)
Jakarta -

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyebut saat ini sudah 90 juta vaksin COVID-19 disuntikkan. Sedangkan dari jumlah orang yang disuntik, sudah mencapai 58 juta orang untuk dosis pertama.

"Per hari ini Indonesia sudah menyuntikkan 90 juta dosis," kata Menkes dalam siaran pers evaluasi PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat), Senin (23/8/2021).

"Kita masuk di rangking nomer 9 dunia untuk jumlah penyuntikan," lanjut Menkes.

"Dari sisi orang yang disuntik, rakyat yang disuntik, per hari ini Indonesia sudah berhasil menyuntikkan 58 juta orang suntik pertama, dan itu merupakan rangking ke-6 di dunia," sebutnya.

Terkait ketersediaan vaksin, Menkes menyebut akan ada 62,6 juta dosis vaksin yang datang bulan Agustus 2021. Sebanyak 1,56 juta dosis vaksin Pfizer baru-baru ini datang melalui jalur pembelian sendiri oleh pemerintah.

Pada akhir Agustus, Menkes menyebut akan ada 4,6 juta vaksin Pfizer yang diperoleh melalui skema COVAX Facility. Menkes menegaskan, vaksin yang tersedia akan segera didistribusikan dan disuntikkan, tidak disimpan sebagai stok.

"Dengan adanya beberapa macam vaksin ini kami himbau agar masyarakat tidak pilih-pilih vaksin, karena semua vaksin memberikan manfaat yang sama yaitu membangun antibodi tubuh kita," pesan Menkes.



Simak Video "Menkes Optimis Target Penurunan Stunting 14% Tercapai 2024"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)