Selasa, 24 Agu 2021 11:16 WIB

Jabodetabek Turun Jadi PPKM Level 3, Naik KRL Masih Wajib STRP

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Syarat Naik KRL Selama PPKM Level 4 Terbaru, Wajib Tahu! Foto ilustrasi: Pradita Utama/detikcom
Jakarta -

Pemerintah kembali memperpanjang PPKM level 2-4 di Jawa-Bali hingga 30 Agustus mendatang. Sejumlah wilayah aglomerasi, termasuk Jabodetabek, diturunkan statusnya dari PPKM level 4 menjadi PPKM level 3.

"Pemerintah memutuskan mulai tanggal 24-30 Agustus 2021 beberapa daerah diturunkan dari level 4 ke 3. Untuk Pulau Jawa, Bali, dan aglomerasi Jabodetabek, Bandung Raya, dan Surabaya Raya sudah berada di level 3 mulai tanggal 24 Agustus 2021," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam siaran langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (23/8/2021) malam.

Kendati demikian, PT Kereta Commuter Indonesia tetap mewajibkan dokumen syarat perjalanan bagi para penggunanya. Hal ini diumumkan lewat akun Twitter resmi @CommuterLine pada Senin kemarin.

"Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) kembali diperpanjang oleh pemerintah mulai 24 hingga 30 Agustus 2021. Pada PPKM ini, KAI Commuter tetap memberlakukan dokumen syarat perjalanan KRL untuk pengguna di sektor esensial dan kritikal," tulis @CommuterLine.

KAI Commuter menjelaskan dokumen syarat perjalanan yang berlaku masih sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Perhubungan RI No 58 Tahun 2021 dan akan mengikuti perubahan jika ada ketentuan terbaru dari pemerintah.

Berikut daftar dokumen syarat perjalanan yang wajib dibawa saat menggunakan KRL.

  • STRP (Surat Tanda Registrasi Pekerja) atau surat keterangan dari pemerintah daerah setempat, atau
  • Surat tugas dari pimpinan perusahaan maupun instansi pemerintahan tempatnya bekerja, atau
  • Untuk pengguna dengan kebutuhan mendesak (keperluan medis/pengobatan, persalinan, duka cita, vaksinasi) juga wajib menunjukkan dokumen atau surat keterangan yang sesuai.

"KAI Commuter tetap mengajak seluruh pengguna untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker ganda, menjaga jarak, dan mencuci tangan," imbaunya.

Selain itu, KAI Commuter juga mengajak masyarakat yang tidak termasuk dalam kategori dapat melakukan perjalanan dengan KRL untuk tetap sebisa mungkin beraktivitas di rumah. Hal ini demi mencegah penularan virus Corona agar tidak makin meluas.

Simak video 'Diperpanjang Lagi, Simak Aturan Berkendara Selama PPKM Level 3':

[Gambas:Video 20detik]



(ryh/up)