Selasa, 24 Agu 2021 19:15 WIB

Manfaat Herbal, Bisa Jadi Booster Peningkat Imun untuk Cegah COVID-19

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi Obat Herbal Foto: shutterstock
Jakarta -

Indonesia adalah negara kaya dengan tumbuhan herbal yang bisa dijadikan ramuan untuk meningkatkan imunitas mereka yang mengkonsumsinya. Para ahli juga menyarankan herbal untuk meningkatkan imunitas terlebih di masa pandemi COVID-19.

Prof DR Nurfina Aznam, SU., Apt, Guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), mengatakan, di sekeliling kita banyak herbal berkhasiat untuk imunomodulator yang dapat menjaga imunitas di masa pandemi COVID-19, di antaranya kunyit, temulawak jahe, kunyit putih, sampai secang.

"Sayangnya masyarakat generasi sekarang sudah tidak suka jamu. Padahal khasiatnya banyak, dan ini tidak hanya untuk preventif, tapi juga dapat untuk kuratif, dalam kondisi pandemi ini," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (23/8/2021).

Berdasarkan penelitian Prof Nurfina, salah satu herbal COVID-19 yang baik untuk daya tahan tubuh adalah kunyit. Kunyit memiliki zat aktif curcumin, yang mempunyai aktivitas sebagai antivirus, antibakteri, anti peradangan hingga antioksidan. Dijelaskan lebih lanjut, kunyit juga bagus untuk liver, sehingga bisa melindungi fungsi hati dan bersifat antibiotik alami yang dpt menghambat pertumbuhan bakteri dalam tubuh.

Cara mengolah kunyit pun relatif mudah. Bisa diparut 2 ruas dan diperas kemudian airnya diambil untuk diminum. Bisa ditambahkan madu agar rasanya lebih manis.

"Kalau virus masuk ke tubuh kita menyebabkan terjadinya peradangan berlebihan atau badai sitokin. Nah ini dapat dihambat dengan antiradang yang ada di kunyit," tambahnya.

Banyak cara untuk meningkatkan imunitas tubuh. Di antaranya dengan mengkonsumsi obat, vitamin, suplemen atau herbal, baik yang tergolong Jamu, Obat Herbal Terstandar (OHT) maupun Fitofarmaka.

Mengingat aksesibilitas yang mudah dan harga yang relatif terjangkau, obat herbal dapat menjadi solusi upaya peningkatan imunitas tubuh, termasuk bagi masyarakat yang sedang menjalani isolasi mandiri COVID-19.



Simak Video "Pentingnya Asupan Protein di Masa Pandemi COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)