Rabu, 25 Agu 2021 05:30 WIB

Aurel Hermansyah Lakukan NIPT Saat Hamil, Tes Apa Sih Itu?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah aktif lagi Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar (Foto: Hanif/detikHOT)
Jakarta -

Sosok selebritis Aurel Hermansyah tengah menantikan kehadiran anak pertama. Baru-baru ini, ia melakukan NIPT atau Non-invasive prenatal testing yang menurutnya penting dilakukan saat hamil.

"Tes NIPT ini penting dilakukan oleh para ibu hamil untuk mengetahui kesehatan janin secara lebih akurat dan juga dapat mendeteksi abnormalitas janin seperti kelainan genetik atau kromosom sejak dini," tulis Aurel di Instagram @aurelie.hermansyah, Selasa (24/8/21).

"Dan tentunya ini aman, baik bagi ibu & janin, karena hanya melalui prosedur yang sederhana yaitu pengambilan darah," jelasnya.

Dalam foto yang menyertai keterangan tersebut, Aurel tengah menjalani pengambilan darah untuk tes. Ia melakukannya dengan layanan homecare.

Jadi, NIPT itu apa?

Dikutip dari What to Expect, NIPT adalah screening yang dilakukan terhadap berbagai risiko kelainan genetik pada bayi. Tes ini memeriksa DNA (deoxyribo nucleic acid) dalam darah.

"Tetapi meski tidak dapat memastikan apakah bayi memiliki kelainan genetik, tes ini sangat akurat. Akurasinya 97 hingga 99 persen untuk tiga kondisi paling umum," kata ahli endokrin reproduksi, Aaron K. Styer, M.D.

Hasil tes ini biasanya digunakan untuk membantu dokter memutuskan langkah berikutnya, bila ditemukan kemungkinan adanya kelainan kromosom.

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Perseteruan KD-Aurel-Azriel Jadi Konsumsi Netizen, Ini Kata Psikolog"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)