Kamis, 26 Agu 2021 08:30 WIB

Ngeri, Rekaman Virus Corona Ngamuk Serang Sel Otak

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Penampakan Virus Corona Lagi Ngamuk Terekam di Video Ini Foto: Penampakan virus Corona
Jakarta -

Belum lama ini, ahli virologi di Paris yaitu Sophie Marie Aicher dan Delphine Planas mengungkap bagaimana virus Corona mengamuk dan menyerang sel-sel otak. Virus Corona menyerang manusia dengan sembunyi-sembunyi dan presisi, bersiap menuju besi atau pertahanan tubuh.

Saat virus Corona masuk, agresor memaksa tuan rumah menghasilkan lebih banyak penyusup, hingga akhirnya meledak. Lalu, menghasilkan lebih banyak replikasi virus yang siap menyerang dalam jumlah yang lebih luas.

Para ilmuwan menunjukkan bagaimana virus tersebut 'ngamuk' saat menginfeksi sel-sel otak kelelawar melalui video mikroskopis SARS-CoV-2. Dalam video berdurasi 48 jam itu, terlihat bagaimana virus mengubah sel menjadi pabrik pembuat virus sebelum menyebabkan sel inang mati.

Dalam video itu, terlihat susunan sel otak kelelawar muncul berbentuk gumpalan abu-abu. Ada juga titik-titik merah yang merupakan sel mati yang telah terinfeksi virus Corona.

Sel yang terinfeksi itu bergabung dengan sel-sel tetangga sampai membentuk massa yang lebih besar. Di akhir video, mereka tampak meledak yang menandakan bahwa sel-sel tersebut mati.

Aicher menjelaskan virus Corona pada manusia bisa menghindari deteksi 'sinyal bahaya' dan menyebabkan lebih banyak kerusakan. Namun, sebagian mencegah sel-sel yang terinfeksi memperingatkan antibodi akan keberadaan virus sebagai 'penyerang'.

Meski begitu, kekuatan khususnya adalah kemampuan untuk memaksa sel inang menyatu dengan sel tetangga atau dikenal dengan proses syncytia, memungkinkan virus Corona tetap tidak terdeteksi saat bereplikasi.

"Setiap kali virus harus keluar dari sel, itu berisiko terdeteksi sehingga jika dapat langsung berpindah dari satu sel ke sel lainnya, ia dapat bekerja lebih cepat," kata Aicher, dikutip dari New York Times.

Melalui video tersebut, Aircher berharap bisa membantu mengungkap dan memudahkan orang untuk memahami virus Corona.

"Sangat penting untuk membantu orang melewati jargon ilmiah untuk memahami bahwa ini adalah virus yang sangat canggih dan pintar yang beradaptasi dengan baik untuk membuat manusia sakit," katanya.



Simak Video "Faktor yang Memengaruhi Keparahan Pasien Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)