Kamis, 26 Agu 2021 16:31 WIB

6 Gejala Asam Lambung Naik dan Cara Mengobatinya di Rumah

Ayunda Septiani - detikHealth
Abdominal pain patient woman having medical exam with doctor on illness from stomach cancer, irritable bowel syndrome, pelvic discomfort, Indigestion, Diarrhea, GERD (gastro-esophageal reflux disease) Ilustrasi gejala asam lambung naik. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Chinnapong)
Jakarta -

Penyakit asam lambung merupakan masalah pada organ pencernaan yang kerap terjadi di masyarakat. Sayangnya, banyak orang yang mengabaikan gejala asam lambung yang muncul dan bisa menandakan penyakit pencernaan tertentu.

Dikutip dari laman Web MD, saluran pencernaan tubuh memiliki pintu masuk ke perut berupa katup. Katup ini berupa cincin otot yang disebut dengan sfingter esofagus bagian bawah.

Pada kondisi normal, katup ini bisa kembali tertutup rapat setelah dilewati makanan. Namun, jika terjadi masalah, kinerja katup ini bisa terganggu sehingga klep tidak tertutup sempurna.

Agar bisa diatasi, berikut beberapa gejala asam lambung yang perlu diketahui.

1. Radang kerongkongan

Tidak hanya menjadi gejala infeksi bakteri atau virus, radang kerongkongan ternyata bisa juga menjadi gejala asam lambung.

Bila menderita penyakit GERD, asam dari lambung bisa naik dan menekan bagian belakang ke kerongkongan.

Jika dibiarkan, cairan asam tersebut bisa merusak kerongkongan yang dapat menyebabkan esafagitis.

2. Bau mulut

Penyebab utama refluks asam pada kebanyakan orang yaitu sfingter esofagus bagian bawah (LES), yaitu kondisi di mana otot kerongkongan kamu rusak atau mengendur.

Bila otot kerongkongan bekerja dengan baik, otot ini akan terbuka saat menelan untuk membiarkan masuk ke perut, kemudian menutup dengan rapat.

Namun, otot kerongkongan yang rusak akan tetap terbuka dan memungkinkan asam mengalir kembali ke tenggorokan sehingga menimbulkan bau pada mulut.

3. Heartburn

Heartburn merupakan gejala asam lambung ketiga. Perut secara alami akan terlindungi dari sifat korosif asam lambung. Namun, jika klep saluran pencernaan tidak berfungsi optimal, asam lambung dari perut bisa naik ke kerongkongan dan menimbulkan heartburn.

Heartburn merupakan sensasi panas mirip terbakar yang tidak nyaman di dada. Tingkat keparahan heartburn yang dirasakan oleh penderita asam lambung bisa ringan sampai menyakitkan.

Selanjutnya
Halaman
1 2