ADVERTISEMENT

Kamis, 14 Jul 2022 13:30 WIB

Ternyata Ini Penyebab Asam Lambung Naik di Malam Hari

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
7 Tips Makan Penderita Asam Lambung Agar Tak Sering Kambuh Penyebab asam lambung naik di malam hari (Foto: iStock)
Jakarta -

Asam lambung naik menjadi masalah kesehatan yang dialami oleh banyak orang. Terkadang, asam lambung bisa saja kambuh di malam hari yang tentunya bikin seseorang menjadi tidak nyaman, termasuk saat tidur. Sebenarnya apa sih penyebab asam lambung naik di malam hari?

Sebagai informasi, asam lambung merupakan cairan yang dihasilkan oleh sel-sel lambung, bertugas untuk membantu sistem pencernaan, salah satunya membunuh kuman-kuman yang masuk ke dalam tubuh bersama makanan.

Namun, jika produksi cairan senyawa ini berlebihan di dalam tubuh, efeknya bisa membuat seseorang mengalami gangguan pencernaan, seperti mag, GERD (gastroesophageal reflux disease), dan lainnya.

Adapun gejala yang dirasakan oleh pengidap berupa cairan asam lambung yang naik kekerongkongan hingga muncul rasa panas atau mulas di perut yang menjalar ke dada (heartburn).

Kondisi ini juga bisa kambuh di pagi maupun di malam hari, jika pengidapnya tidak menerapkan pola hidup sehat, seperti makanan yang sehat dan sebagainya.

Penyebab Asam Lambung Naik di Malam Hari

Dikutip dari Sleep Foundation, penyebab asam lambung naik di malam hari bisa dipengaruhi oleh posisi tidur seseorang, seperti:

  • Saat berbaring, gaya gravitasi tidak mendukung asam lambung untuk tetap berada di perut, sehingga cairan tersebut rentan kembali naik ke kerongkongan
  • Posisi tidur mengurangi kemampuan seseorang menelan. Padahal, menelan penting untuk mendorong asam lambung ke bawah
  • Air liur yang bisa menetralkan asam lambung produksinya cenderung berkurang saat seseorang tidur nyenyak

Kombinasi dari beberapa hal di atas rentan memicu asam lambung naik pada orang dengan gangguan pencernaan ini.

Kondisi ini juga bisa memburuk apabila pengidap melakukan sejumlah hal yang bikin asam lambung naik, seperti:

  • Makan makanan pedas atau asam
  • Stres
  • Merokok
  • Minum alkohol
  • Terlalu banyak makan
  • Makan terlalu dekat dengan waktu tidur

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik di Malam Hari

Salah satu cara mengatasi asam lambung naik di malam hari agar tidur tak terganggu adalah konsumsi obat asam lambung. Namun, untuk mengkonsumsinya lebih baik berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Selain mengkonsumsi obat, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mencegah asam lambung naik. Dikutip dari Medical News Today, di antaranya:

Jangan Menggunakan Pakaian yang Ketat

Pasalnya, pakaian seperti ini bisa memberikan tekanan perut, sehingga heartburn lebih mungkin terjadi. Usahakan menggunakan pakaian yang longgar ya.

Hindari Ngemil di Malam Hari

Makan yang terlalu malam juga bisa menyebabkan asam lambung naik. Butuh waktu bagi makanan untuk melewati lambung dan masuk lebih jauh ke dalam sistem pencernaan.

Orang mengkonsumsi makanan dekat dengan waktu tidur kemungkinan bisa mengalami heartburn. Oleh karenanya, usahakan makan terakhir setidaknya 2-3 jam sebelum pergi tidur.

Tidur Menghadap Sisi Kiri

Gejala asam lambung diyakini bisa lebih baik jika seseorang tidur miring ke kiri. Beberapa percaya bahwa ini membantu mengurangi tekanan pada perut, sehingga mengurangi kemungkinan asam lambung naik ke kerongkongan.

Tinggikan Kepala dan Dada dengan Bantal

Gejala asam lambung kemungkinan bisa dialami oleh seseorang yang tidurnya telentang. Cobalah untuk gunakan batal atau penyangga leher dan kepala untuk menjaga posisi kerongkongan lebih tinggi daripada perut.



Simak Video "Dokter Spesialis Sebut Mag Tak Menyebabkan Kematian"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT