ADVERTISEMENT

Sabtu, 11 Jun 2022 06:28 WIB

3 Tips Mengatasi Asam Lambung Naik di Pagi Hari

Afif Ahmad Rifai - detikHealth
radang tenggorokan Asam lambung naik (Foto: shutterstock)
Jakarta -

Refluks asam terjadi ketika asam lambung mengalir kembali (atau refluks) ke kerongkongan, tabung yang menguhubungkan antara tenggorokan dan perut.

Sebagian orang tidak menyadari berada di fase tersebut, karena terbantu dengan air liur. Air liur yang mengandung elektrolit dan enzim yang penting dan bermanfaat bagi tubuh, membantu untuk melumasi sistem pencernaan.

Jika seseorang mengalami refluks asam di pagi hari, hal tersebut dikarenakan kurangnya pelumas di bagian pencernaan. Hal tersebut bisa membuat asam menjadi naik ke kerongkongan karena kurangnya air liur.

Namun, dikutip dari Sepalika terdapat beberapa cara untuk mengurangi gejala asam lambung naik di pagi hari.

1. Meninggikan kepala saat tidur

Studi menunjukkan bahwa tidur dengan kepala sedikit ditinggikan efektif mengurangi asam lambung di pagi hari. Terutama bagi mereka yang memiliki gejala yang cukup parah.

Ketika tidur dengan kepala lebih ditinggikan, hal tersebut dapat mencegah asam lambung naik ke kerongkongan.

2. Makan malam dengan porsi yang lebih sedikit

Cermat dalam mengatur porsi makan malam juga bermanfaat mengurangi naiknya asam lambung di pagi hari. Tak hanya itu, waktu makan malam juga turut diperhatikan.

Waktu makan malam dapat dilakukan tiga jam sebelum tidur, hal tersebut dapat memberikan waktu pada lambung untuk mencerna makanan tersebut.

3. Minum air lemon saat bangun tidur

Minum air lemon sangat penting untuk membantu merehidrasi tubuh saat bangun tidur. Hal itu dikarenakan tenggorokan yang kering dapat membuat refluks asam semakin parah.

Air lemon membantu peradangan secara alami dan mengaktifkan sistem pencernaan setelah tidur. Minum air lemon membantu mengurangi gejala refluks.



Simak Video "Amankah Pengidap Asam Lambung Jalankan Puasa?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT