ADVERTISEMENT

Selasa, 29 Mar 2022 06:29 WIB

Mungkinkah Meninggal Gara-gara Asam Lambung? Ini Faktanya

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Jakarta -

Kerap terdengar kabar kematian mendadak dikaitkan dengan asam lambung dan sakit maag. Dokter ahli pencernaan memastikan, hingga saat ini sakit maag tidak termasuk penyebab kematian.

"Sakit maag itu bukan salah satu penyakit yang menyebabkan kematian, tetapi menyebabkan penderitaan, rasa tidak nyaman yang panjang," kata dr Aru Ariadno, SpPD-KGEH dari RS Brawijaya Bojongsari Depok, Senin (28/3/2022).

Menurut dr Aru, kematian mendadak lebih mungkin dipicu oleh penyakit jantung. Namun sangat dimungkinkan, seseorang dengan masalah jantung juga memiliki gangguan pada sistem pencernaan karena beberapa obat jantung bisa mengiritasi lambung.

"Pada beberapa kasus, karena minum obat-obatan pengencer darah, kemudian menyebabkan gangguan di lambung. Kemudian menyebabkan gangguan di lambung, kemudian lambungnya luka, perforasi, kemudian bleeding, perdarahan, bisa saja meninggal karena faktor perdarahannya," jelas dr Aru.

Pendapat senada pernah disampaikan dokter jantung dr Vito A Damay, SpJP dari RS Siloam Karawaci. Menurutnya, sakit jantung dan gangguan asam lambung sangat mungkin diidap bersamaan meski keduanya tidak saling berhubungan.

"Gangguan asam lambung tidak menyebabkan penyakit jantung, demikian pula sebaliknya," tegas dr Vito kala itu.

"Hubungannya ya paling kalau orang stres dengan pola hidupnya tidur dan makan tidak teratur maka sama sama meningkatkan risiko penyakit jantung dan gangguan asam lambung," pungkasnya.

(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT