ADVERTISEMENT

Senin, 28 Mar 2022 14:42 WIB

Maia Estianty Kena GERD Sampai Masuk RS, Ini Bedanya dengan Asam Lambung

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Rahasia Cantik dan Awet Muda Maia Estianty, Pakai DNA Salmon hingga Kacang Kedelai Maia Estianty (Foto: Instagram @maiaestiantyreal)
Jakarta -

Penyanyi Maia Estianty mengabarkan dirinya terkena penyakit GERD atau (gastroesophageal reflux disease) melalui sebuah unggahan di Instagram.

Imbas penyakit tersebut, penyanyi kondang Tanah Air itu pun sampai harus dilarikan ke IGD (Instalasi Gawat Darurat) tengah malam bersama sang putra, Dul Jaelani.

"Pertama kali kena GERD... ampun deh.. sakitnya...," tulis Maia di akun @maiaestiatyreal.

Lantas, apa sih itu GERD seperti dialami Maia Estianty?

Menurut dokter spesialis penyakit dalam, dr Aru Ariadno, Sp.PD KGEH, dari RS Brawijaya Depok, GERD merupakan suatu kondisi asam lambung yang keluar dari lambung dan naik ke kerongkongan atau esofagus sehingga menyebabkan iritasi.

"GERD adalah suatu kondisi di mana asam lambung atau isi dari lambung itu keluar dari lambung dan naik ke kerongkongan atau esofagus," katanya saat ditemui oleh detikcom, Senin (28/3/2022).

Apabila kondisi ini tak segera ditangani lebih lanjut, pengidap bisa saja mengalami sejumlah gangguan yang cukup serius, seperti heartburn (rasa terbakar di dada), sulit menelan, mulut pahit, gigi bolong, batuk, hingga kadang sakit telinga.

"Kalau asam lambung naik ke atas (kerongkongan) atau esofagus itu akan menyebabkan gangguan iritasi karena dinding dari esofagus atau kerongkongan itu tidak didesain untuk menahan asam," lanjutnya.

"Jadi rasa dada terbakar, rasa sulit menelan, beberapa kasus mulut pahit kalau bangun (di pagi hari), gigi kadang-kadang bolong, kadang-kadang batuk yang tidak jelas sumbernya kalau di malam hari, atau kadang sampai sakit telinga. Itu ada kemungkinan adalah GERD," tuturnya.

Apa bedanya dengan asam lambung?

dr Aru juga mengungkapkan bahwa GERD dan penyakit asam lambung itu berbeda. Pasalnya, penyakit asam lambung kemungkinan hanya mengganggu dinding lambung yang menyebabkan gangguan, seperti mag dan lainnya.

"Asam lambung adalah sesuatu yang normal. Tubuh kita memerlukan asam lambung untuk mencerna makanan. Jadi, kalau orang bilang sakit asam lambung, kemungkinan sakit akibat kelebihan asam lambung atau kondisi di mana asam lambungnya mengganggu dinding lambung yang kemudian menyebabkan gangguan, seperti mag dan segala macam," kata dr Aru.



Simak Video "Amankah Pengidap Asam Lambung Jalankan Puasa?"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT