Sabtu, 28 Agu 2021 09:21 WIB

Gara-gara Guru Belum Divaksin, COVID-19 Menyebar di Sekolah Ini

Firdaus Anwar - detikHealth
Lecture room or School empty classroom with Student taking exams, writing examination for studying lessons in high school thailand, interior of secondary education, whiteboard. educational concept Foto: iStock
Jakarta -

COVID-19 dilaporkan menyebar di satu sekolah dasar di Amerika Serikat. Penyebabnya karena ada guru yang tidak mau vaksinasi dan tidak memakai masker dengan benar.

Kasus terungkap oleh investigasi yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Marin County dan dilaporkan ke Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC). Kejadian bermula ketika ada 12 anak dari satu kelas di sekolah terkait terinfeksi COVID-19 hampir bersamaan.

Setelah diselidiki ternyata sang guru yang belum divaksinasi terinfeksi COVID-19. Ia tetap datang mengajar meski sudah menunjukkan gejala dan membuka maskernya saat membacakan buku di depan kelas.

"Introduksi virus lewat guru yang belum divaksinasi, dengan kondisi bergejala dan tidak memakai masker saat mengajar, berujung pada kasus positif di kelas, sekolah, keluarga anak-anak, dan komunitas," kata Direktur CDC Rochelle Walensky seperti dikutip dari CNN, Sabtu (28/8/2021).

Rochelle mengatakan kasus ini jadi contoh yang bisa dipelajari bila ingin membuka sekolah dengan aman di masa pandemi. Harapannya semoga kejadian serupa tidak terulang lagi.

Pada akhirnya ada 27 orang yang terinfeksi. Beruntung tidak ada yang mengalami gejala COVID-19 serius dan semua dinyatakan berhasil sembuh.



Simak Video "Alasan WHO Akhirnya Luluh soal Vaksin Covid-19 Dosis Ketiga"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)