Minggu, 29 Agu 2021 07:14 WIB

Dievakuasi ke Inggris, Wanita Afghanistan Melahirkan di Pesawat

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Proses evakuasi warga Afghanistan terus dilakukan usai Taliban berkuasa di Kabul. Ratusan warga Afghanistan pun dievakuasi ke luar negeri, salah satunya Spanyol Ilustrasi warga Afghanistan kabur mencari suaka (Foto: Getty Images/Pablo Blazquez Dominguez)
Jakarta -

Seorang warga Afghanistan melahirkan bayi perempuan di pesawat saat tengah dievakuasi ke Inggris. Menurut Turkish Airlines, ia melahirkan dengan dibantu kru pesawat.

Wanita bernama Soman Noori (26) tersebut mulai mengalami kontraksi saat terbang dari Dubai menuju Birmingham, lalu melahirkan di ketinggian 10 ribu meter atau 33 ribu kaki di wilayah udara Kuwait.

Noori dan bayinya yang diberi nama Havva dilaporkan dalam kondisi sehat.

Dikutip dari Reuters, pesawat pengangkut warga Afghanistan yang bekerja dengan Inggris di Afghanistan, mendarat di Kuwait untuk berjaga-jaga. Namun pesawat tersebut lalu melanjutkan penerbangan.

Konflik di Afghanistan belakangan juga mendapat sorotan dari organisasi kesehatan dunia WHO. Suplai obat-obatan dan peralatan medis disebut hanya cukup untuk beberapa hari.

Penerbangan komersial menuju bandara Kabul diblok karena alasan keamanan. Namun WHO regional Mediterania Timur (EMRO) tengah mencari segala opsi untuk mendatangkan alat kesehatan ke Afghanistan.



Simak Video "Persediaan Alkes di Afghanistan Hanya Bisa Bertahan Seminggu"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)