Senin, 30 Agu 2021 18:47 WIB

Beda Diffuser, Purifier, Humidifier untuk Bersihkan Udara di Rumah

Erika Dyah Fitriani - detikHealth
Ilustrasi air purifier. Foto: dok. Ace Hardware
Jakarta -

Produk pengharum hingga pembersih udara belakangan banyak dicari masyarakat, terutama di masa pandemi yang mengharuskan orang berada di rumah saja. Banyak produk disebut mampu merawat udara di rumah, seperti diffuser, air purifier, hingga humidifier dan dehumidifier.

Meski memiliki nama yang hampir serupa, sederet produk yang telah disebutkan di atas memiliki fungsinya masing-masing. Agar tak salah pilih berikut perbedaan dari keempat produk yang dilansir dari laman ACE Hardware.

1. Diffuser

Produk yang satu ini dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin mengharumkan udara di dalam ruangan. Biasanya, diffuser memiliki ukuran tangki air yang sangat kecil, yakni kisaran 100-200ml untuk menampung air dan essential oil yang akan diproses menjadi uap.

Diffuser memiliki beberapa pilihan, baik dalam bentuk elektrik maupun manual yang menggunakan api (tungku) atau stik (reed). Bagi Anda yang ingin menggunakan diffuser elektrik, caranya pun mudah. Cukup tuangkan air bersih ke dalam alat diffuser elektrik, lalu teteskan essential oil. Diffuser akan mengubah air yang sudah bercampur dengan essential oil menjadi uap wangi dan menyebarkan keharuman essential oil ke seluruh ruangan.

2. Purifier

Untuk Anda yang sering bersin, memiliki alergi, hewan peliharaan, atau sekadar ingin lebih aman di rumah dengan udara yang bebas virus maka air purifier bisa jadi pilihan yang diandalkan. Produk yang satu ini berfungsi membersihkan dan memurnikan udara dengan mengisap udara yang ada di dalam ruangan lalu disaring di dalam mesin.

Udara akan melalui penyaringan atau proses pembersihan menggunakan filter di dalam mesin dengan beberapa tahap. Air purifier dapat membersihkan udara dari polutan, seperti debu, bulu hewan, hingga yang tak kasat mata seperti virus dan bakteri. Nantinya, udara yang sudah murni akan diembuskan lagi ke luar dari alat ke ruangan sehingga Anda bisa menikmati udara yang lebih bersih.

3. Humidifier

Sama seperti namanya, humidifier merupakan alat yang dapat bantu meningkatkan kelembapan ruangan. Sehingga, produk ini bakal cocok digunakan untuk Anda yang memiliki masalah kulit terasa kering, tenggorokan tidak enak, atau sering terpapar AC.

Anda bisa mendapatkan kelembapan ruangan dengan cara menuangkan air bersih ke dalam humidifier. Nantinya, alat ini akan mengubah air menjadi uap dan diembuskan ke ruangan. Sebagai catatan, pada umumnya humidifier tidak memperbolehkan tangki air diisi campuran lain seperti essential oil. Akan tetapi, ada beberapa humidifier yang dilengkapi slot atau wadah khusus untuk memasukkan essential oil sehingga pastikan dulu untuk memilih produk yang tepat sesuai kebutuhan sebelum membelinya.

4. Dehumidifier

Kebalikan dari Humidifier, Dehumidifier berguna untuk mengurangi kadar kelembapan udara di dalam ruangan. Alat ini bisa menjadi solusi terbaik agar properti Anda tidak mudah rusak karena jamur dan lumut.

Alat ini bakal bekerja dengan menarik kandungan air yang ada di dalam udara untuk dikumpulkan di dalam alat dan dibuang setelah tangki penampungan penuh. Beberapa jenis dehumidifier juga bisa disambungkan dengan selang untuk pembuangan air secara langsung.

Setelah mengetahui perbedaan masing-masing alat di atas, Anda bisa mulai mencari produk yang tepat sesuai kebutuhan Anda di rumah. Supaya tak perlu pusing mencarinya, Anda bisa lihat beberapa rekomendasi produk dari Ace Hardware berikut ini.

Rekomendasi Diffuser Elektrik di Ace Hardware

Diffuser elektrik aromaterapi yang tersedia di ACE Hardware bisa dipilih berdasarkan ragam ukuran, desain, dan warna mulai dari Rp 199.900. Terdapat juga berbagai pilihan kapasitas tangki air yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengoperasian di rumah Anda.

Untuk harga yang cukup terjangkau mulai dari Rp 199.900 s/d Rp 499.900, Anda bisa mendapatkan diffuser elektrik merek Ultransmit yang sebagian besarnya sudah dilengkapi teknologi gelombang ultrasonik untuk mengurai kandungan minyak aromaterapi dari air secara perlahan. Produk ini tersedia dalam beragam desain dan ukuran, serta memiliki pilihan kapasitas, mulai dari yang mini (60ml) hingga besar (200ml).

Jika Anda punya budget lebih, ada juga diffuser elektrik dari Serene House yang dibanderol Rp 799.900 s/d Rp 1.299.000. Alat ini telah menggunakan gelombang ultrasonik untuk mengurai air dan minyak aromaterapi menjadi kabut tipis yang lebih mudah menyebar di udara. Tak cuma itu, Serene House juga menghadirkan desain dan material premium yang lebih dekoratif dan elegan. Sehingga diffuser yang Anda gunakan bisa juga berfungsi sebagai pajangan.

Rekomendasi Air Purifier di Ace Hardware

Semakin besar ukuran air purifier yang Anda dapatkan, maka akan semakin luas pula jangkauan areanya. Anda bisa mendapatkan berbagai pilihan merek air purifier di ACE Hardware sesuai budget, di antaranya.

- Kris, dengan harga terjangkau mulai dari Rp 999.900-Rp 5.999.000 Anda bisa mendapatkan pilihan air purifier. Mulai dari portable, reguler, hingga smart (wifi) dengan jangkauan mulai dari 6m2 hingga 96m2. Merek ini telah dilengkapi Pre-filter, HEPA 13, dan carbon untuk teknologi filtrasinya.

- Clair, merek yang satu ini menawarkan pilihan air purifier portable dan reguler dengan harga Rp 1.199.000 - Rp 3.999.000. Teknologi filtrasinya lebih beragam, mulai dari Pre-filter, carbon deodorizer, LED sterilizer, ionizer, electret film filter (e2F), Clair Embossing HEPA (CEPA), dan Hybrid Synergy Filter.

- Iris, air purifier tipe reguler yang satu ini dibanderol harga Rp3.999.000 dan mampu menjangkau area hingga 45m2.

- Coway, dengan pilihan jangkauan yang cukup luas, yakni mulai dari 17 m2 hingga 65m2, produk ini bisa didapatkan dengan range harga Rp 2.998.000 s/d Rp 11.990.000. Air purifier tipe reguler dari Coway memiliki teknologi filtrasi Pre-filter, anti microorganisme filter, HEPA filter, dan deodorization filter.

Rekomendasi Humidifier di Ace Hardware

Untuk melembapkan udara di rumah Anda bisa menggunakan beberapa pilihan humidifier dari ACE, mulai dari yang mini/portable untuk penggunaan personal hingga yang ukurannya lebih besar untuk digunakan keluarga dalam satu ruangan.

Bagi Anda yang membutuhkan humidifier untuk penggunaan personal, humidifier portable dari Memoo bisa jadi pilihan dengan harga yang terjangkau, yaitu Rp 129.900-Rp 189.900. Alat ini bisa beroperasi saat dihubungkan dengan USB dan memiliki tipe multifungsi/3-in-1 dengan tambahan fungsi sebagai kipas dan lampu tidur.

Untuk ukuran lebih besar, ada humidifier dari Bear yang memiliki kapasitas 1-6 liter. Produk ini dilengkapi sinar UV untuk mensterilisasi air sehingga uap/kabut yang dihasilkan lebih bersih, bebas virus, kuman dan bakteri. Serta dilengkapi fitur sleep mode untuk meminimalisasi kebisingan sehingga ideal digunakan semalaman. Harganya pun terjangkau, mulai dari Rp299.900 hingga Rp899.900.

Lalu, ada humidifier dari Kris seharga Rp349.000 s/d Rp699.900 berukuran portable dan reguler yang menggunakan teknologi atomisasi ultrasonik untuk mengubah air menjadi kabut yang partikelnya lebih halus. Merek ini menyediakan tipe digital yang dilengkapi panel sentuh serta wadah untuk menuang essential oil.

Rekomendasi Dehumidifier di Ace Hardware

Untuk dehumidifier, range harga yang ditawarkan memang cukup menguras kantong. Akan tetapi, fungsinya untuk mengurangi kelembapan udara bisa diandalkan demi menghindari kerugian yang lebih parah di rumah.

Ada produk dehumidifier dari Kris yang memiliki kapasitas wadah penampungan air 10-20 liter. Produk yang dibanderol harga Rp 2.499.000-Rp3.499.900 ini memiliki mesin yang akan otomatis mati ketika wadah penampungan air penuh. Pembuangannya pun bisa disambung selang untuk penggunaan terus menerus. Serta memiliki pilihan target kelembapan (40% - 60%) yang bisa disesuaikan.

Lalu ada juga dehumidifier dari Perfect Aire seharga Rp 4.999.900 dengan kapasitas penampungan air 30 liter yang dilengkapi panel pengendali digital. Sama seperti Kris, dehumidifier ini juga memiliki mesin yang bisa otomatis mati ketika wadah penampungan air penuh serta bisa disambungkan selang untuk penggunaan terus menerus.

Itu tadi sejumlah informasi mengenai perbedaan diffuser, air purifier, humidifier, dan dehumidifier serta rekomendasi masing-masing produk yang tersedia di ACE Hardware. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa akses di sini atau melalui Instagram @aceindonesia.



Simak Video "Siswa yang Sudah Divaksin Covid-19 Wajib Unduh PeduliLindungi"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/up)