Selasa, 31 Agu 2021 08:05 WIB

Menkes Sebut Vaksinasi COVID-19 RI Ranking ke-6 Dunia, Ini Komentar IDI

Firdaus Anwar - detikHealth
Yogyakarta juga sudah mulai menjalani vaksinasi terhadap ibu hamil dengan target pelaksanaan 1,110 ibu hamil dari yang total secara keseluruhan ibu hamil di DIY kurang lebih sebanyak hampir 14,000 dan ditargetkan rampung pada akhir Oktober 2021. Foto: Pius Erlangga
Jakarta -

Menteri kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan Indonesia jadi negara peringkat ke-6 di dunia terkait jumlah orang yang sudah divaksinasi COVID-19. Dilaporkan per Senin (30/8/2021), sudah ada ekitar 63 juta warga Indonesia yang menerima minimal dosis pertama vaksin COVID-19.

"Dengan segala kekurangan kita saya mesti di share ke temen-temen, Indonesia yang awalnya dibully vaksinasinya bisa selesai 10 tahun, insha allah sekarang ranking ke-enam dunia untuk jumlah orang yang divaksinasi," ungkap Menkes Budi dalam konferensi pers pengumuman PPKM pada Senin (30/8/2021).

Budi berharap laju vaksinasi bisa terus dipercepat dengan target 50 juta suntikan bisa dicapai dalam waktu 4 hingga 5 minggu ke depan.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Slamet Budiarto mengungkapkan agar data vaksinasi harus lebih cermat diamati. Ia mengingatkan capaian kekebalan kelompok atau herd immunity tidak serta merta diukur dari jumlah orang yang sudah divaksinasi, melainkan persentase cakupan vaksin pada populasi.

"Sebaiknya pencapaian target vaksinasi yang dihitung adalah persentase jumlah penduduk yang sudah tervaksinasi lengkap dua kali suntik. Karena herd imunity dihitung dari persentase jumlah penduduk yang sudah tervaksin lengkap," ujar Slamet pada detikcom.



Simak Video "3 Vaksin Covid-19 Ini Diuji untuk Diberikan pada Anak Usia 5-11 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)