Rabu, 01 Sep 2021 08:07 WIB

6 Rahasia Bugar Kak Seto di Usia 70: Push Up Masih Kuat, Parkour Pun Ayok!

Vidya Pinandhita - detikHealth
Rambut asli Kak Seto jadi perhatian Kak Seto masih bugar di usia 70 tahun (Foto: Pingkan/detikHOT)
Jakarta -

Sosok Kak Seto alias Seto Mulyadi tengah jadi perbincangan hangat warga media sosial. Di hari ulang tahunnya ke-70 tahun pada 28 Agustus, Kak Seto mengunggah video Tiktok menari bersama anak dan cucunya.

Bahkan dalam video lainnya, Kak Seto pamer menang push up melawan anaknya. Masih energik sampai-sampai jago parkour di usia emas, apa rahasia Kak Seto?

Kak Seto menjabarkan, kunci dari tubuh sehatnya adalah 'GEMBIRA'. Di samping maknanya terkait rasa bahagia dan bersyukur, bagi Kak Seto, 'G-E-M-B-I-R-A' punya arti yang istimewa.

Gerak anti-mager

Menurutnya, G adalah gerak alias anti-mager. Di usianya menuju 70 tahun waktu itu, ia menyebut dirinya masih sanggup push up 80 kali, koprol, dan lari-lari.

Emosi cerdas

"E adalah emosi cerdas. Kelola emosi dengan cerdas, nggak boleh marah meledak, sedih, dan takut yang berlebihan. Jadi tetap ungkapkan selalu gembira," ujarnya pada detikcom dalam kesempatan sebelumnya.

@kaksetosahabatanak

Birthday Dance bersama Keluarga Tercinta ##kakseto70th ##gembiradirumah ##kaksetobirthday ##kaksetosahabatanak

♬ Happy Birthday (Bhangra Remix) - DJ BoBo

Makan sehat

Selanjutnya, M adalah makan sehat. Kak Seto mengisahkan, dirinya sudah menjadi vegan selama 10 tahun terakhir. Ia berhenti mengonsumsi daging, susu, dan telur, melainkan hanya makan buah dan sayur-sayuran.

Berdoa, beribadah, bersyukur

Tak kalah penting dari itu, B ada berdoa, beribadah dan bersyukur. Menurutnya, kesehatan spiritual adalah penopang kondisi fitnya sampai usia kini.

"B adalah berdoa, beribadah, bersyukur, bahagia, serba yang spiritual. I adalah istirahat. Saya dari dulu sangat teratur, istirahat 8 jam per hari," ujarnya.

Rukun

"R adalah rukun. Ibaratnya, kemesraan ini janganlah cepat berlalu terus dengan istri, anak, staf rumah tangga. Kita kompak, suasana serba damai dan nyaman," lanjut Kak Seto.

Aktif berkarya

Terakhir, A adalah aktif berkarya. Menurut Kak Seto, tetap beraktivitas adalah cara untuk menyeimbangkan hidup. Gaya hidup sehat, aktif bergerak, dan selektif soal menu makan ia senantiasa seimbangi dengan produktivitas.



Simak Video "Orang Tua Sebaiknya Tidak Menekan Anak Saat Belajar di Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)