Rabu, 01 Sep 2021 13:21 WIB

Berkaca dari India, Kemenkes RI Ingatkan Corona Masih Bisa Naik Lagi

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Indonesia masih terus berkutat menanggulangi pandemi COVID-19. Komunitas Aku Badut Indonesia (ABI) ikut turun ke jalan guna mensosialisasikan penggunaan masker. Waspada ancaman lonjakan kasus Corona di Indonesia belum usai. (Foto: ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A)
Jakarta -

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kementerian Kesehatan RI dr Siti Nadia Tarmizi menegaskan ancaman lonjakan kasus COVID-19 belum usai di Indonesia. Hal ini berkaca pada apa yang terjadi di sejumlah negara saat menghadapi gelombang baru COVID-19.

"Kita tetap harus waspada, berkaca seperti India yang sedang mengalami peningkatan kasus setelah adanya perayaan festival, adapula beberapa negara yang vaksinasinya cukup tinggi tetapi kemudian terjadi peningkatan tren kasus," pesan dr Nadia dalam konferensi pers Kemenkes RI Rabu (1/9/2021).

dr Nadia kemudian mewanti-wanti virus Corona COVID-19 yang terus bermutasi bisa menjadi ancaman lonjakan kasus Corona di masa mendatang jika kerap mengabaikan protokol kesehatan. Ia mengingatkan masyarakat untuk sesegera mungkin mendapatkan vaksin Corona, di tengah tren kasus Corona yang dilaporkan mulai menurun, dibandingkan puncak kasus Juli 2021.

"Untuk masyarakat kita ingatkan kembali walaupun kita sudah mencapai kondisi lebih baik dibandingkan bulan Juli, bukan berarti ancaman terhadap lonjakan kasus telah selesai," beber dr Nadia.

"Ingat varian sedang mutasi, untuk itu jangan pernah lengah tetap disiplin protokol kesehatan, segerakan ajak orang tua di sekitar kita untuk segera divaksinasi," pungkas dia.

Di sisi lain, dr Nadia mengungkap vaksinasi Corona di Indonesia berhasil menyentuh angka 100 juta suntikan di akhir Agustus, sesuai dengan target Presiden Joko Widodo. Jumlah tersebut gabungan dengan jumlah dosis vaksinasi pertama, kedua, dan vaksinasi ketiga.

"Sesuai dengan peta jalan kita tanggal 31 Agustus kemarin kita mencapai 100 juta dosis vaksin COVID-19. Kita tahu bahwa vaksinasi merupakan salah satu yang penting dalam menurunkan laju penyebaran virus COVID-19," sambung dr Nadia yang juga merupakan juru bicara vaksinasi COVID-19 Kemenkes RI.



Simak Video "Siapkah Indonesia Hadapi Varian Corona yang Lebih Ganas?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)