Rabu, 01 Sep 2021 21:17 WIB

10 Cara Menghilangkan Jerawat Paling Manjur, yang Jelas Nggak Dipencet

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
Beautiful young asian woman looking the mirror and touch face is a acne, zit treatment, beauty girl problem beauty and skin with wrinkled on facial in the room at home, makeup and cosmetic concept. 10 Cara menghilangkan jerawat (Foto: Getty Images/iStockphoto/narith_2527)
Jakarta -

Tumbuhnya jerawat seringkali jadi masalah bagi banyak orang. Pasalnya, jerawat bisa menimbulkan nyeri dan bekas yang susah pudar. Namun, ada beberapa cara menghilangkan jerawat yang ampuh dengan memanfaatkan bahan alami.

Sebelum mengetahui cara menghilangkan jerawat, sebaiknya seseorang perlu mengetahui terlebih dahulu penyebab timbulnya jerawat. Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah penyebab jerawat.

  • Adanya perubahan hormon
  • Masa pubertas
  • Perawatan kulit yang salah
  • Malas mencuci muka atau justru terlalu sering mencuci muka
  • Faktor keturunan
  • Penggunaan kosmetik yang salah
  • Efek penggunaan obat-obatan tertentu
  • Stres
  • Paparan debu dan polusi, dan lainnya.

Biasanya, jerawat akan kempis dengan sendirinya setelah beberapa hari. Tetapi tak jarang jerawat menimbulkan bekas yang susah pudar.

Untuk itu, penting mengetahui bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan perawatan yang benar. Salah satu cara aman adalah dengan menggunakan bahan alami seperti berikut.

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun sangat aman bagi kulit karena mengandung beragam vitamin seperti vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin C.

Minyak zaitun dapat memby menghilangkan jerawat. Caranya, oleskan minyak zaitun ke area jerawat dan pijat dengan perlahan. Biarkan selama satu jam, lalu bilas dengan air dingin.

2. Madu

Menggunakan madu juga bisa jadi pilihan cara menghilangkan jerawat yang efektif. Madu mentah yang belum diolah diketahui lebih efektif menghilangkan jerawat. Caranya mudah, cukup oleskan madu dan pijat pada area yang ingin kamu hilangkan jerawatnya.

3. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan tanaman tropis yang daunnya menghasilkan gel bening. Gel lidah buaya sering ditambahkan ke lotion, krim, salep, dan sabun.

Gel lidah buaya biasanya digunakan untuk mengobati lecet, ruam, luka bakar, dan kondisi kulit lainnya. Saat dioleskan ke kulit, gel lidah buaya dapat membantu menyembuhkan luka, mengobati luka bakar, dan melawan peradangan.

Untuk menghilangkan jerawat dengan lidah buaya caranya gosok gel dari tanaman lidah buaya dengan sendok. Lalu, oleskan gel langsung ke kulit yang bersih sebagai pelembab. Ulangi 1-2 kali per hari atau sesuai kebutuhan.

4. Cuka apel

Cuka apel dapat berfungsi sebagai disinfektan alami yang membantu menyeimbangkan tingkat pH tubuh.

Cara menghilangkan jerawat dengan cuka apel yaitu dengan mencampurkan cuka apel dengan air. Lalu, gunakan kapas untuk mengaplikasikannya. Diamkan selama 10 menit lalu cuci muka dan keringkan. Cara ini bisa dilakukan ini sekali sehari sampai untuk hasil yang optimal.

5. Lemon

Memanfaatkan air perasan lemon adalah salah satu cara menghilangkan jerawat yang juga dapat membantu menghilangkan bekasnya. Campurkan satu bagian air lemon dengan air secukupnya, lalu oleskan pada bekas jerawat. Biarkan selama 20 menit sebelum mencuci muka dan mengoleskan pelembab.

6. Masker madu dan kayu manis

Madu dan kayu manis memiliki kemampuan untuk melawan bakteri dan mengurangi peradangan, yang merupakan dua faktor pemicu jerawat.

Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa kombinasi madu dan ekstrak kulit kayu manis memberikan efek antibakteri terhadap bakteri penyebab jerawat.

Cara membuat masker madu dan kayu manis adalah sebagai berikut.

  • Campurkan 2 sendok makan madu dan 1 sendok teh kayu manis untuk membentuk pasta.
  • Setelah dibersihkan, oleskan masker ke wajah dan biarkan selama 10-15 menit.
  • Bilas masker dan tepuk wajah hingga kering.

7. Tea tree oil

Tea tree oil adalah minyak esensial yang diekstrak dari daun Melaleuca alternifolia, pohon kecil asli Australia. Tea tree oil terkenal karena kemampuannya untuk melawan bakteri dan mengurangi peradangan kulit

Cara menghilangkan jerawat dengan tea tree oil adalah sebagai berikut.

  • Campurkan 1 sendok minyak pohon teh dengan 9 sendok air.
  • Celupkan kapas ke dalam campuran dan oleskan ke daerah yang terkena.
  • Oleskan pelembab jika diinginkan.
  • Ulangi proses ini 1-2 kali per hari, sesuai kebutuhan.

Cara menghilangkan jerawat lainnya bisa disimak di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Solusi Mengatasi Jerawat Membandel Akibat Penggunaan Masker"
[Gambas:Video 20detik]