Kamis, 02 Sep 2021 11:30 WIB

Penyintas Corona Tak Boleh Vaksin Covid Sebelum 3 Bulan, Ternyata Ini Alasannya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Sejumlah warga mendatangi GOR Kalideres, Jakarta Barat, Rabu (11/8/2021). Memanfaatkan hari libur nasional warga berbondong-bondong mendatangi sentra vaksinasi. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Program vaksinasi COVID-19 masih terus dilakukan untuk mencegah penularan virus Corona. Namun, para penyintas masih belum boleh menerima vaksin Covid sebelum 3 bulan setelah sembuh dari infeksi virus Corona.

Apa alasannya?

Menurut praktisi kesehatan dr Andi Khomeini Takdir, SpPD, rentang waktu 3 bulan diberikan agar para penyintas COVID-19 bisa benar-benar sembuh total. Selain itu, antibodi pada orang yang pasca sembuh dari COVID-19 umumnya bisa bertahan selama 3 bulan.

Pada kesempatan berbeda, Ketua Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia Profesor Dr dr Iris Rengganis, SpPD-KAI juga mengatakan hal yang serupa. Menurutnya jika vaksin Covid sebelum 3 bulan sudah diberikan, antibodi di dalam tubuh si penyintas masih cukup untuk melindunginya dari infeksi ulang atau reinfeksi.

"Jadi, penyintas COVID-19 yang sudah negatif itu kesepakatan bersama 3 bulan setelah negatif PCR-nya, baru boleh vaksinasi," kata Prof Iris dalam webinar di PB IDI, Sabtu (28/8/2021).

"Orang yang sudah sembuh dari COVID-19 itu antibodinya masih tinggi secara alamiah. Jadi, setelah tiga bulan mulai menurun (antibodinya) baru dia divaksinasi," lanjutnya.

Syarat agar bisa dapat vaksin Covid sebelum 3 bulan

Prof Iris menjelaskan sebenarnya penyintas COVID-19 bisa saja menerima vaksin Covid sebelum 3 bulan, misalnya satu atau dua bulan. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya gejala COVID-19 yang mungkin masih dirasakan.

Menurutnya, orang yang akan divaksinasi harus dalam kondisi yang prima. Sistem imunnya harus sehat dan tidak mengalami long Covid, sehingga vaksin bisa diterima dengan baik oleh tubuh.

"Secara imunologi, 1 atau 2 bulan (setelah sembuh) boleh (divaksin COVID-19). Tetapi, orang yang post-Covid itu harus recovery (sembuh) bener," ujar Prof Iris.

"Long Covid-nya nggak boleh ada, sudah recovery. Biasanya satu bulan kita beri kesempatan dia untuk recovery," lanjutnya.

Selain itu, jika ingin memberikan vaksin Covid sebelum 3 bulan juga harus memperhatikan stok vaksin di Indonesia yang masih belum mencukupi. Sehingga harus mendahulukan orang-orang yang belum memiliki antibodi, baik dari vaksin maupun infeksi Corona sebelumnya.



Simak Video "Alasan WHO Akhirnya Luluh soal Vaksin Covid-19 Dosis Ketiga"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)