Kamis, 02 Sep 2021 13:16 WIB

Korban Pelecehan Seks KPI Trauma, Ini Alasan Stres Sebabkan Penyakit Fisik

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
side profile stressed sad young crying man sitting outside holding head with hands looking down. Human emotion feelings Korban pelecehan rentan mengalami penurunan kondisi kesehatan.(Foto: iStock)
Jakarta -

Pengakuan pegawai Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) terkait pelecehan seksual dan perundungan yang dialaminya viral di media sosial. Mirisnya, ia mengaku perlakuan tidak pantas itu telah terjadi sejak 2021.

Korban bercerita mendapat pelecehan seksual dan perundungan oleh rekan kantornya. Hal ini membuatnya trauma dan bahkan sakit secara fisik.

"Saat ingat pelecehan tersebut, emosi saya tidak stabil, makin lama perut terasa sakit badan saya mengalami penurunan fungsi tubuh, gangguan kesehatan," demikian keterangan tertulis korban, Kamis (1/9/2021).

Mengalami stres yang berlangsung lama dapat mempengaruhi kondisi fisik dan daya tahan tubuh. Stres juga kerap terkait dengan gangguan pada sistem pencernaan dan imun seseorang.

"Stres tentu membuat imunitas tubuh menurun. Kondisi stres mempengaruhi imun dan ketika terganggu, otomatis kita lebih rentan sakit," kata psikolog klinis Veronica Adesla saat dihubungi detikcom, Kamis (1/9/2021).

Pegawai KPI korban pelecehan seksual juga bercerita mengalami hipersekresi cairan lambung akibat stres yang ia alami. Dikutip dari American Psychological Association, stres mempengaruhi semua sistem tubuh termasuk muskuloskeletal, pernapasan, kardiovaskular, endokrin, gastrointestinal, saraf, dan sistem reproduksi.

Stres dapat membuat rasa sakit, kembung, mual, dan ketidaknyamanan perut lainnya terasa lebih mudah. Muntah dapat terjadi jika stresnya cukup parah. Selain itu, stres dapat menyebabkan peningkatan atau penurunan nafsu makan yang tidak perlu.

Bila tidak dapat mengatasi stres dengan baik dan menjadi berkepanjangan, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan psikiater. Terlebih bila stres dialami secara berulang hingga menyebabkan gejala fisik.

Simak video 'Korban Pelecehan di KPI Tak Pernah Buat Rilis Seperti yang Viral di Medsos':

[Gambas:Video 20detik]



(kna/up)