Kamis, 02 Sep 2021 16:31 WIB

Tidak Tahu Positif Corona Saat Vaksin, Apakah Bisa Terjadi Efek Samping?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Momen libur Tahun Baru Islam dimanfaatkan sejumlah warga untuk ikut vaksinasi COVID-19. Vaksinasi COVID-19 pun terus digencarkan demi capai herd immunity. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Sebelum vaksinasi, berbagai syarat tentu harus dipahami para sasaran vaksin. Terutama bagi para penyintas yang tidak boleh disuntik sebelum 3 bulan. Lalu, bagaimana jika tidak tahu positif covid saat vaksin Corona?

Apakah ada efek samping berbahaya yang muncul usai divaksinasi?

Berdasarkan pedoman Tanya-Jawab Seputar Vaksinasi COVID-19 dari Kementerian Kesehatan, umumnya jika kondisi orang tersebut sehat, tidak akan ada efek samping yang muncul.

Namun, beberapa efek samping kemungkinan masih bisa dialami orang yang tidak tahu positif covid saat vaksin, biasanya tidak terlalu serius.

"Apabila seseorang tidak mengetahui dirinya positif COVID-19 dan tidak ada gejala klinik yang dicurigai atau dalam kondisi sehat lalu diberikan vaksin COVID-19, secara medis tidak ada efek samping yang akan ditimbulkan," tulis Kementerian Kesehatan dalam pedoman Tanya-Jawab Seputar Vaksinasi COVID-19, dikutip detikcom, Selasa (29/6/2021).

Meski demikian, jika tidak tahu positif covid saat vaksin tetap bisa saja menimbulkan reaksi lokal. Reaksi lokal yang muncul misalnya seperti nyeri di tempat suntikan, kemerahan, atau bengkak.

Selain itu, reaksi sistemik seperti demam, nyeri otot, nyeri sendi, lemah, mual, dan sakit kepala kemungkinan juga masih bisa terjadi.

Apa yang harus dilakukan saat efek samping muncul jika tidak tahu positif covid saat vaksin?

Jika muncul reaksi seperti nyeri, bengkak, atau kemerahan di tempat suntikan, bisa dikompres dengan air dingin tepat di tempat suntikan.

Apabila seseorang yang tidak tahu positif covid saat vaksin itu mengalami demam, bisa diatasi dengan kompres atau mandi dengan air hangat, perbanyak minum air putih dan juga istirahat.

Untuk mengantisipasi munculnya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) serius, penerima vaksin diminta tetap berada di tempat pelayanan vaksinasi selama 15-30 menit usai divaksinasi untuk observasi.



Simak Video "Pemerintah Minta Produsen Vaksin Covid-19 Penuhi Target Pengiriman"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)