Kamis, 02 Sep 2021 18:46 WIB

Wah Seru, Di Yogyakarta Ada Vaksin COVID-19 Keliling!

Heri Susanto - detikHealth
Mobil vaksinasi Kota Yogyakarta Mobil vaksinasi (Foto: Heri Susanto/detikHealth)
Yogyakarta -

Pemkot Yogyakarta menyiapkan mobil vaksin untuk jemput bola vaksinasi. Mobil khusus untuk vaksinasi ini tahap awal akan berada di Balai Kota Yogyakarta, untuk memvaksin pengunjung yang belum divaksin.

Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi menjelaskan, mobil vaksin ini merupakan mobil multi fungsi. Tak hanya untuk menjemput bola warga Kota Yogyakarta yang kesulitan ke tempat vaksinasi, mobil vaksin bisa mereka tempatkan di tempat wisata seperti Malioboro.

"Tahap awal kami tempatkan di sini (balai kota) terlebih dahulu. Karena, kalau di Malioboro sebagai destinasi wisata kan sebenarnya belum kami buka," kata Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Kota Yogyakarta ini, disela deklarasi Balai Kota Yogyakarta Zona Wajib Vaksin, Kamis (2/9/2021).

Heroe menjelaskan, mobil vaksin ini secara kapasitas bisa mereka setting. Saat ini untuk ujicoba di Balai Kota Yogyakarta, pihaknya menyiapkan 100 dosis vaksinasi.

"Kalau kapasitas tergantung keinginan. Sekarang masih 100 dosis. Nanti untuk di RT dan RW bisa menyesuaikan dengan kebutuhan," jelasnya.

Mobil vaksinasi Kota YogyakartaMobil vaksinasi di Kota Yogyakarta Foto: Heri Susanto/detikHealth

Sebagai kota pelajar dan pariwisata, kata Heroe, capaian vaksinasi saat ini pihaknya memang mayoritas malah di luar warga ber KTP Yogyakarta. Dari 430 ribu sebanyak 45 persen warga ber-KTP Kota Yogyakarta.

"Sesuai dengan target, akhir September ini, harapan kami warga Kota Yogyakarta sudah mendapatkan vaksinasi," jelas Heroe.

Makanya, saat ini Pemkot Yogyakarta telah menggenjot kapasitas vaksinasi harian. Setiap hari, pemkot mampu memvaksin 10 ribu dosis.

"Kami membuka sentra-sentra vaksin. Kemudian, saat ini RT dan RW di Kota Yogyakarta masih melakukan pendataan warganya yang belum divaksin dan tidak bisa ke tempat vaksinasi akan dijemput bola," jelasnya.

Untuk jumlah warga Kota Yogyakarta yang terkendala mobilitas ke tempat vaksinasi, kata Heroe, masih mereka data. Pekan depan, ditargetkan jemput bola ke warga tingkat RT dan RW bisa segera dilakukan.



Simak Video "Alasan WHO Akhirnya Luluh soal Vaksin Covid-19 Dosis Ketiga"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)