Sabtu, 04 Sep 2021 06:11 WIB

Makan Jamur Beracun di Pengungsian, Bocah Afghanistan Meninggal Dunia

Firdaus Anwar - detikHealth
Ilustrasi Bunuh Diri Foto: Thinkstock
Jakarta -

Nasib malang menimpa bocah laki-laki berusia 5 tahun dari Afghanistan. Ia dilaporkan meninggal dunia setelah mengonsumsi jamur beracun di Polandia.

Keluarga sang bocah diketahui termasuk warga Afghanistan yang memilih meninggalkan negaranya setelah kekuasaan diambil alih Taliban. Mereka tiba di Polandia pada 23 Agustus lalu dan tinggal di pusat pengungsian dekat kota Warsaw.

Keesokan harinya Di tempat pengungsian, sang bocah bersama kakaknya yang berusia 7 tahun pergi ke hutan terdekat untuk mencari bahan makanan. Keduanya lalu menemukan jenis jamur beracun dan mengonsumsinya.

Baik sang bocah dan kakak langsung dilarikan ke rumah sakit saat menunjukkan tanda-tanda keracunan. Dr Marek Migdal yang menangani kasus ini mengatakan keduanya mengalami kerusakan organ hati dan otak.

"Sayang, kami tidak bisa membantu kedua anak ini," kata Marek saat mengumumkan kematian sang bocah sementara kakaknya masih dirawat dalam kondisi kritis seperti dikutip dari BBC pada Jumat (3/9/2021).

Pejabat setempat membantah laporan media yang menyebut kedua anak tersebut pergi ke hutan dan mengonsumsi jamur beracun karena kelaparan. Juru bicara pemerintah Jakub Dudziak mengatakan para pengungsi dari Afghanistan sudah menerima jatah makan tiga kali sehari di tempat pengungsian.

Polandia diketahui telah menerima lebih dari 1.000 warga Afghanistan yang mengungsi setelah perebutan kekuasaan oleh Taliban. Sebagian besar pengungsi rencananya diizinkan tinggal di Polandia, namun ada juga yang akan dialihkan.



Simak Video "Persediaan Alkes di Afghanistan Hanya Bisa Bertahan Seminggu"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/kna)