Sabtu, 04 Sep 2021 08:17 WIB

Gula Darah Ivan Gunawan Sempat Capai 300, Apa Bahayanya?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ivan Gunawan saat tampil di Brownis. Ivan Gunawan. (Foto: Hanif Hawari/detikHOT)
Jakarta -

Salah satu alasan Ivan Gunawan memulai diet adalah setelah mengetahui kadar gula darahnya berada di angka yang tak wajar. Ia sempat memiliki kadar gula darah 300 mg/dL dan masuk kategori hiperglikemia.

"Jadi aku sebenarnya kenapa aku mulai diet karena kemarin aku sempat cek gula darah aku sampai 300. Jadi aku takut kalau aku punya diabetes dan aku takut kena penyakit lain. Karena papa aku punya riwayat gula juga," jelas Ivan, Kamis (2/9/2021).

Desainer yang akrab disapa Igun ini akhirnya memilih menjalani pola hidup sehat dan berniat untuk menurunkan berat badannya. Tak ingin punya banyak penyakit juga jadi alasannya mulai mengasup makanan bergizi seimbang.

Bahaya hiperglikemia

Kadar gula darah menjadi hal penting yang harus dijaga oleh semua orang. Menjaga kadar gula darah tetap di angka normal bisa membantu mencegah masalah kesehatan jangka panjang mulai dari penyakit jantung dan masalah ginjal.

Dikutip dari University of Michigan, secara umum, pembacaan gula darah lebih dari 180 mg/dL termasuk tinggi. Memiliki gula darah 300 mg/dL atau lebih seperti yang dialami Igun dapat berbahaya.

Pada kasus yang parah, angka di atas 300 mg/dL bisa menyebabkan pusing, kebingungan, bahkan koma atau biasa disebut diabetic coma. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan ketidakseimbangan cairan dalam tubuh dan dapat menyebabkan darah menjadi asam yang berbahaya bagi kesehatan.

Ada berbagai cara untuk menurunkan kadar gula darah tinggi. Beberapa menyarankan bahwa minum air atau makan makanan ringan berprotein tinggi dapat dengan cepat menurunkan kadar gula darah, meskipun belum ada penelitian yang cukup untuk mendukung hal ini.

Hal penting lainnya adalah berolahraga. Olahraga adalah cara yang cepat dan efektif untuk menurunkan kadar gula darah. Setidaknya, lakukan latihan kecil seperti jogging di sekitar rumah sebagai pilihan olahrgamu.



Simak Video "Dokter: Gejala Penyakit Pasca-Lebaran Biasanya Tidak Spesifik"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)